PEMDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN DAN FREEWARE DI SMA PANCASILA TAMBOLAKA SUMBA BARAT DAYA

  • Moh Erkamim Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Sapto Priyadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Vera Wati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: e learning, pandemi, online learning, pembelajaran

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk untuk menambah pengetahuan dan pemahaman guru dan siswa di SMK Pancasila Tambolaka Sumba Barat Daya serta beberapa sekolah menengah lainnya,  mengenai penggunaan media online learning dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dari rumah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di aula dan laboratorium komputer SMK Pancasila Tambolaka Sumba Barat Daya. Pengabdian ini berupa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media online learning free google classroom dan gmeet. Pengabdian ini dihadiri oleh 28 peserta yang merupakan guru di SMK Negeri 1 Pancasila dan beberapa sekolah lainnya di Sumba Barat. Materi yang diberikan diantaranya Sosialisasi Pembelajaran, Penggunaan Google Classroom, Penggunaan Google Form,  Penggunaan Google Meet,  Semua Mapel dalam 1 Classroom dan Simulasi. Berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan pengabdian pada masyakat dengan pelatihan dan diskusi yang dilakukan selama 5 hari dapat diperoleh (1) media online learning free google classroom dan gmeet dapat digunakan oleh guru-guru, (2) alternatif solusi dalam menghadapi pembebelajaran yang mendadak online salam pandemi covid-19 (3) guru-guru telah berhasil menggunakan fitur-fitur pada media online learning free google classroom, google form dan gmeet. Berdasarkan dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa pengabdian pada masyarakat ini telah berhasil dilakukan dengan baik.

References

Darmawiguna I G. M., Pradnyana I M. A., Pradnyana G. A., Suwin I N. P., 2017, Pelatihan, Pendampingan, Dan Evaluasi Pemanfaatan Elearning Berbasis Moodle Di Smk Negeri 1 Nusa Penida, Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat ISBN : 978-602-6428-12-7

Hakim, A.B., 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management (eJournal), 2(1)

Tahta H.A., Nur A., Dwi F., Yenny M., Rian C.P., 2020. Pengenalan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Tatap Muka Secara Virtual Di Pondok Pesantren Darul Huffaz, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu ( ABDI KE UNGU), Vol. 2 Issue 2.

Published
2022-01-28