PEMDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN DAN FREEWARE DI SMA PANCASILA TAMBOLAKA SUMBA BARAT DAYA
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk untuk menambah pengetahuan dan pemahaman guru dan siswa di SMK Pancasila Tambolaka Sumba Barat Daya serta beberapa sekolah menengah lainnya, mengenai penggunaan media online learning dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dari rumah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di aula dan laboratorium komputer SMK Pancasila Tambolaka Sumba Barat Daya. Pengabdian ini berupa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media online learning free google classroom dan gmeet. Pengabdian ini dihadiri oleh 28 peserta yang merupakan guru di SMK Negeri 1 Pancasila dan beberapa sekolah lainnya di Sumba Barat. Materi yang diberikan diantaranya Sosialisasi Pembelajaran, Penggunaan Google Classroom, Penggunaan Google Form, Penggunaan Google Meet, Semua Mapel dalam 1 Classroom dan Simulasi. Berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan pengabdian pada masyakat dengan pelatihan dan diskusi yang dilakukan selama 5 hari dapat diperoleh (1) media online learning free google classroom dan gmeet dapat digunakan oleh guru-guru, (2) alternatif solusi dalam menghadapi pembebelajaran yang mendadak online salam pandemi covid-19 (3) guru-guru telah berhasil menggunakan fitur-fitur pada media online learning free google classroom, google form dan gmeet. Berdasarkan dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa pengabdian pada masyarakat ini telah berhasil dilakukan dengan baik.
References
Darmawiguna I G. M., Pradnyana I M. A., Pradnyana G. A., Suwin I N. P., 2017, Pelatihan, Pendampingan, Dan Evaluasi Pemanfaatan Elearning Berbasis Moodle Di Smk Negeri 1 Nusa Penida, Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat ISBN : 978-602-6428-12-7
Hakim, A.B., 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management (eJournal), 2(1)
Tahta H.A., Nur A., Dwi F., Yenny M., Rian C.P., 2020. Pengenalan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Tatap Muka Secara Virtual Di Pondok Pesantren Darul Huffaz, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu ( ABDI KE UNGU), Vol. 2 Issue 2.
Copyright (c) 2022 moh erkamim, Sapto Priyadi, Vera Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).