SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIMBINGAN KONSELING BAGI KONSELOR SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN LEARNING FROM HOME

  • Eny Kusumawati
  • Imam Setyo Nugroho Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Diana Dewi Wahyunigsih Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Diyah Nur Hidayati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rizki Widyanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: teknologi informasi, bimbingan konseling, learning from home

Abstract

Bimbingan dan konseling sebagai salah satu aspek dalam pendidikan juga merasakan manfaat dari kemajuan teknologi informasi tersebut. Aplikasi yang sangat nyata adalah proses layanan bimbingan dan konseling sudah tidak harus dengan bertatap muka, melainkan bisa dengan menggunakan media informasi baik itu telepon maupun internet. tetapi semua itu bukan tanpa masalah. Banyak sekali hambatan yang menjadi duri bagi kemajuan dunia bimbingan dan konseling. Salah satunya adalah sumber daya manusianya yang belum bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi informasi tersebut sehingga perlu sosialisasi kepada konselor maupun kepada konseli agar kedua belah pihak bisa sama-sama memanfaatkan media teknologi informasi yang sudah maju, terlebih saat masa pandemic saat ini pemanfaatan dan kemajuan teknogi sangat berperan besar bagi konselor maupun konseli. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan diskusi. Sosialisasi untuk meningkatkan kinerja konselor di sekolah dalam hal memanfaatkan kemajuan teknologi informasi agar nantinya bidang bimbingan dan konseling tidak lagi menjadi bidang layanan yang membosankan dan menjenuhkan. Jika konselor dan konseli sudah paham akan manfaat dan pentingnya teknologi informasi dalam menunjang proses layanan bimbingan dan konseling, maka ke depannya bimbingan dan konseling akan menjadi suatu bidang pendidikan yang inovatif dan efisien berkat kemajuan teknologi informasi namun tetap tidak menghilangkan esensi dari layanan bimbingan dan konseling itu sendiri

References

Bariyyah, Khairul, dan Devi Permatasari. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember 1(1): 63–69.

Husni, Nyayu Latifah, et al. (2017). Pelatihan Penggunaan Internet secara Tepat dan Sehat Bagi Guru dan Siswa Di MTS Ar- Rahman Palembang Guna Meningkatkan Kreativitas serta Kesadaran Guru dan Siswa Mengenai Sisi Negatif Internet. Annual Research Seminar, 3(1): 127–31.

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 15–22.

Tri Hastuti, Retno. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Jasmiati, J. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis IT di Sekolah Dasar. Pedagogi; Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 19 No 1.

Published
2022-07-24
Section
Articles