PEMANFAATAN SAMPAH BOTOL PLASTIK SEBAGAI MEDIA PENANAMAN DENGAN TEKNIK VERTIKULTUR DI PADUKUHAN GLAGAH KIDUL, TAMANAN, BANTUL

  • Della Nanda Luthfiana Universitas Janabadra
  • Yaafi Azhar Universitas Janabadra
  • Edwin Setyo Nugroho Universitas Janabadra
  • Emiliana Bunga Universitas Janabadra
  • Ferry Fahmi Universitas Janabadra
  • Rukdah Tuhfathul Ilmi Universitas Janabadra
  • Muhammad Rahmat Faisal Firdaus Universitas Janabadra
  • Muhammad Rahmat Faisal Firdaus Universitas Janabadra
  • Lovisna Devianti Widyatantri Universitas Janabadra
  • Lovisna Devianti Widyatantri Universitas Janabadra
  • Siska Fitmasari Universitas Janabadra
  • Jose Luis Junior Barreto Universitas Janabadra
  • Dandi Sofyan Universitas Janabadra
Keywords: pemilahan sampah, pengelolaan sampah, sampah non organik, teknik vertikultur

Abstract

Sampah merupakan hal yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Semua yang beraktivitas pasti akan menghasilkan sampah dan begitu juga yang terjadi di Padukuhan Glagah Kidul, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I.Y. Permasalahan dari proses pengelolaan sampah yang dilakukan belum masuk dalam kategori yang baik dan benar dikarenakan proses pengelolaan dilakukan dengan pembuangan yang tidak pada tempatnya dan dengan proses pembakaran. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di dusun Glagah Kidul masih kurang baik, hal ini dikarenakan tidak adanya lahan untuk pembangunan tempat penampungan sementara, contohnya seperti tempat sampah di setiap rumah, tempat penampungan sementara (TPS), dan lain-lain sebagainya. Saran yang bisa diberikan adalah dengan melakukan sosialisasi tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar, jadwal rutin gotong royong bersih dusun dan memasukkan anggaran untuk pembebasan lahan yang akan digunakan untuk tempat penampungan sementara. Kemudian masih diperlukan juga pemahaman kepada warga terkait pemanfaatan sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual, salah satunya yaitu pengelolahan sampah botol plastik menjadi bahan media tanam untuk dijadikan pot sayur, selain mengurangi jumlah sampah hasil dari tanaman tersebut dapat dimanfaatkan menjadi bahan masakan untuk warga sekitar dan dalam upaya pembuatan tempat sampah serta sosialisasi pengelolaan daur ulang pemanfaatan limbah sampah botol hal itu dapat mengurangi jumlah sampah di lingkungan sekitarĀ  Padukuhan Glagah Kidul.

References

Amalia, S. N., Rosandini, M. (2018). Perancangan Motif Yang Terinspirasi Dari Mainan Tradisional Sunda Yang Terdapat Di Komunitas Hong Untuk Produk Merchandise. eProceedings of Art & Design, 5(3), 2931-2947.

Ariani. (2015). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Produk Fungsional Bernilai Estetik. Jakarta: Jurnal Kaji Tindak. Vol. 2 No. 2.

Cuffaro, D. (2006). Process, Materials, and Measurements. Massachusetts: Rockport Publishers.

Harahap, F. R. (2013). Dampak Urbanisasi Bagi Perkembangan Kota Di Indonesia. Jurnal Society, 1(1), 35-45.

Sudibyo, G. A., Adib, A., Suhartono, A. W. (2013). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Program Green Jihad untuk Remaja di Kota Solo. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 1-8.

Muchammad Zamzami Elamin, et al, Analisis Pengelolaan sampah Jurnal kesehatan Lingkungan. hal 10 No 4

Published
2023-01-29