PENGEMBANGAN DAN PENDAMPINGAN OPERASIONALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SIM PPM) UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR

  • Abd. Charis Fauzan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mochamad Buqori Muslim Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ahmad Saifudin Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Lestariningsih Lestariningsih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Operasionalisasi, Pendampingan, Pengembangan, SIM PPM

Abstract

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar merupakan lembaga di dalam perguruan tinggi yang mendukung komunitas akademik universitas untuk memberikan layanan dan mendorong kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, LPPM UNU Blitar mempunyai tanggung jawab dalam mengelola maupun mengordinir data dari para dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian. Namun selama ini, LPPM UNU Blitar belum memiliki sistem informasi manajemen untuk mengelola dan mengarsipkan data penelitian dan pengabdian yang dilakukan para dosen. Mengacu pada hal tersebut, perlu adanya pengembangan sekaligus pendampingan untuk operasionalisasi Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIM PPM). SIM PPM ini dirancang khusus untuk pengelolaan data penelitian dan pengabdian, mulai dari aktivitas unggah proposal hingga pelaporan luaran. Dalam pengembangannya, SIM PPM memiliki multi pengguna dengan role yang berbeda-beda, antara lain role dosen, role reviewer hingga role administrator dari LPPM UNU Blitar. Untuk memperlancar operasionalisasi pengguaan SIM PPM bagi para pengguna, maka dilakukan pendampingan operasionalisasi SIM PPM. Pendampingan ini dilaksanakan dengan cara melakukan bimbingan teknis secara langsung kepada para pengguna sesuai level role-nya masing-masing. Hasil pendampingan SIM PPM ini mampu memperlancar kegiatan hibah internal perguruan tinggi yang diinisiasi oleh LPPM UNU Blitar pada periode Semester Gasal tahun akademik 2022/2023. Diharapkan, kegiatan pengembangan dan pendampingan operasionalisasi SIM PPM ini memberikan dampak signifikan dalam tata kelola hibah internal bagi LPPM UNU Blitar pada periode-periode berikutnya.

References

Afriansyah, R. (2022). Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di P3KM Polman Negeri Babel. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(1), 39–46.

Agustino, R. (2020). Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Jaring Saintek, 2(1), 1–12.

Aisyah, N. F. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN DATA RISET DAN PENGABDIAN DOSEN DENGAN ZACHMAN FRAMEWORK (Study Kasus: Direktorat Riset dan Inovasi serta Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Teknologi Sumbawa). Universitas Teknologi Sumbawa.

Ardiada, I. M. D., Bernadus, I. N., & Feoh, G. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Pada LPPM Universitas Dhyana Pura Menggunakan Symfony Framework. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 166–175.

Astutik, F., & Muzakkir, M. (2020). Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Lppm Ikip Mataram Dalam Meningkatkan Motivasi Riset Dosen Internal. Jurnal Teknologi Pendidikan?: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 69. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2855

Dalis, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Web. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 19(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/p.v19i1.1170

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).

Edi Kurniawan, Khairul Imtihan, A. T. (2021). PENERAPAN MODEL SCRUM DALAM PERANCANGAN SISTEM KEPADA MASYARAKAT Mahasiswa Prodi Teknik Informatika , STMIK Lombok Prodi Teknik Informatika , STMIK Lombok email?: khairulimtihan31@gmail.com PENDAHULUAN Pemanfaatan akan teknologi dan informasi sangat dibut. 1(1), 33–42.

Fahrudin, R. (2021). Perancangan Sistem Pendataan Aset Komputer Pada Proyek Tangguh Untuk Peminjaman Karyawan Pt. Tripatra. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1).

Fajar, A., & Imaduddin, Z. (2018). Pembangunan Sistem Informasi Pertahanan Sekolah SMA Islam Al Azhar 4 Berbasis Web Menggunakan Php & Mariadb. Jurnal Teknologi Terpadu, 4(2).

Fauziah, N. F., & Retnoningsih, E. (2020). Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Web. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information Management, 4(2), 183–192.

Lidar, G. (2021). Membangun website Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Indragiri menggunakan WordPress. Jurnal IndraTech, 2(1), 62–69.

Musrifah, A. (2022). RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUYAKANCANA. INFOTECH Journal, 8(1).

Purwati, P. (2021). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (SIMLITABMAS)(STUDI KASUS: LPPM UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA). Universitas Teknokrat Indonesia.

Putra, C. A., & Alit, R. (2019). SISTEM INFORMASI PENILAIAN PROPOSAL LITDIMAS PADA LPPM UPN" VETERAN" JAWA TIMUR. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Robotika, 1(1), 29–33.

Ramadhany, A., & Peniarsih. (2022). Sistem Informasi Penelitian Lppm Di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Berbasis Web. 119–128.

Rosyida, S., & Riyanto, V. (2019). Sistem informasi pengelolaan data laundry pada Rumah Laundry Bekasi. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 29–36.

Rully, M., Sokibi, P., & Adam, R. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Data Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Alphabetical Filing System. JURNAL PETIK, 6(2), 34–44.

Sandika, I. K. B., & Hamid, H. (2021). Evaluasi Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi di LPPM STMIK STIKOM Indonesia. POSITIF: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 7(2), 92–101.

Saputra, F. I., & Siahaan, K. (2020). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pada (LPPM) Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 5(2), 248–260.

Sofyana, T. (2021). Perancangan Sistem Pendaftaran Siswa Pada Bimbingan Belajar Jendela Ilmu Berbasis Java Netbeans. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1).

Published
2023-01-29