PENERAPAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Munifah Munifah Universitas Tadulako Palu
  • Micha Silalahi Universitas Tadulako Palu
  • Durrotunnisa Durrotunnisa Universitas Tadulako Palu
  • Hasan Hasan Universitas Tadulako Palu
Keywords: Layanan Penguasaan Konten, , Academic Burout, Pandemi Covid 19

Abstract

Academic burnout yang dialami siswa pada masa covid 19 mengharuskan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online sehingga menunjukkan adanya keluhan yang disampaikan oleh siswa diantarnya kelelahan emosi dari segi memahami tugas yang banyak diberikan oleh guru, mengalami kebingungan dalam memahami metode pembelajaran yang baru, kesulitan dalam menggunakan aplikasi platform digital, siswa yang meerasa tidak mampu memahami materi dengan berbeagai tuntutan dan guru terkesan kurang bersemangat mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Ketidakmampuan menyimbangkan waktu dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kegiatan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang pengabdian, tujuan pengabdian ini untuk mengatasi academic burnout pada masa covid 19 dengan menerapkan penggunaan layanan konten. Mitra pengabdian tahun ini merupakan siswa SMA NEGERI 2 PALU. Kegiatan pengabdian ini memiiliki tahapan pelaksanaan yang berdasarkan ketetapan yang berlaku. Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan oleh tim menunjukkan adanya perubahan yang dialami siswa melalui pemahaman cara mengurangi atau menerapkan sehingga terhindar dari academic burnout. Kegiatan pengabdian ini juga memiliki dampak terhadap guru dan pihak sekolah juga berdasarkan pemahaman dalam pemberian tugas ataupun terjadinya proses kegiatan belaajr mengajar. Dampak tersebut juga dirasakan oleh guru BK dalam pemberian stimulus pengurangan academic burnout yang dialami oleh siswa.

References

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self- Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418

Asrowi, Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). Academic Burnout Pada Peserta Didik Terdampak Covid-19. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 123–130.

Fun, L. F., Kartikawati, I. A. N., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa Psikologi di Universitas “X” Bandung. Mediapsi, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.3

Hasan, Yuwono, D., Sugiharto, P., & Sunawan, &. (2019). Group Counseling with Self Instruction Technique to Enhance Self Efficacy and Reduce Academic Burnout Article Info. Jurnal Bimbingan Konseling, 8 (1), 91–96. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/27663

Kristina, A. D., Loekmono, J. T. L., & Setyorini, S. (2020). The effect of role conflict on academic burnout of undergraduate Economics students. International Journal of Research in Counseling and Education, 4(2), 98. https://doi.org/10.24036/00333za0002

Permatasari, N., Sutanto, L., & Ismail, N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Kejenuhan Akademik: Studi Empiris Pembelajaran Daring Semasa COVID-19. Jurnal Sosio Sains, 7(1), 36–50.

Rahmati, Z. (2015). The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level of Self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 171, pp. 49–55. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.087

Toker, B. (2012). Life Satisfaction Among Academicians: An Empirical Study on the Universities of Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(1), 190–195. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.637

Wasito, A. A., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 112. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24380

Published
2022-01-28