PENERAPAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Academic burnout yang dialami siswa pada masa covid 19 mengharuskan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online sehingga menunjukkan adanya keluhan yang disampaikan oleh siswa diantarnya kelelahan emosi dari segi memahami tugas yang banyak diberikan oleh guru, mengalami kebingungan dalam memahami metode pembelajaran yang baru, kesulitan dalam menggunakan aplikasi platform digital, siswa yang meerasa tidak mampu memahami materi dengan berbeagai tuntutan dan guru terkesan kurang bersemangat mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Ketidakmampuan menyimbangkan waktu dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kegiatan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang pengabdian, tujuan pengabdian ini untuk mengatasi academic burnout pada masa covid 19 dengan menerapkan penggunaan layanan konten. Mitra pengabdian tahun ini merupakan siswa SMA NEGERI 2 PALU. Kegiatan pengabdian ini memiiliki tahapan pelaksanaan yang berdasarkan ketetapan yang berlaku. Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan oleh tim menunjukkan adanya perubahan yang dialami siswa melalui pemahaman cara mengurangi atau menerapkan sehingga terhindar dari academic burnout. Kegiatan pengabdian ini juga memiliki dampak terhadap guru dan pihak sekolah juga berdasarkan pemahaman dalam pemberian tugas ataupun terjadinya proses kegiatan belaajr mengajar. Dampak tersebut juga dirasakan oleh guru BK dalam pemberian stimulus pengurangan academic burnout yang dialami oleh siswa.
References
Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self- Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418
Asrowi, Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). Academic Burnout Pada Peserta Didik Terdampak Covid-19. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 123–130.
Fun, L. F., Kartikawati, I. A. N., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa Psikologi di Universitas “X” Bandung. Mediapsi, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.3
Hasan, Yuwono, D., Sugiharto, P., & Sunawan, &. (2019). Group Counseling with Self Instruction Technique to Enhance Self Efficacy and Reduce Academic Burnout Article Info. Jurnal Bimbingan Konseling, 8 (1), 91–96. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/27663
Kristina, A. D., Loekmono, J. T. L., & Setyorini, S. (2020). The effect of role conflict on academic burnout of undergraduate Economics students. International Journal of Research in Counseling and Education, 4(2), 98. https://doi.org/10.24036/00333za0002
Permatasari, N., Sutanto, L., & Ismail, N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Kejenuhan Akademik: Studi Empiris Pembelajaran Daring Semasa COVID-19. Jurnal Sosio Sains, 7(1), 36–50.
Rahmati, Z. (2015). The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level of Self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 171, pp. 49–55. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.087
Toker, B. (2012). Life Satisfaction Among Academicians: An Empirical Study on the Universities of Turkey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(1), 190–195. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.637
Wasito, A. A., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 112. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24380
Copyright (c) 2022 Munifah Munifah, Micha Silalahi, Hasan Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).