PENGENALAN KARAKTER DAN KEPRIBADIAN MELALUI POLA GAMBAR SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

  • Adif Jawadi Saputra Universitas Bengkulu
  • Mayang T. Afriwilda Universitas Bengkulu
  • Arsyadani Mishbahuddin Universitas Bengkulu
Keywords: karakter, kepribadian, sekolah dasar islam

Abstract

Kondisi saat ini menunjukkan bahwa masih minimnya pemahaman guru mengenai karakter dan kepribadian anak. Setiap anak unik dan berbeda satu sama lain, sehingga setiap anak membutuhkan perlakuan yang berbeda sesuai dengan karakter kepribadian masing-masing. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter dan kepribadian melalui pola gambar yang telah dibuat siswa sebagai hasil karya yang diberikan kebebasan untuk menggambar apapun sesuai dengan keinginan mereka di SD Islam Terpadu Nurul Fikri Kota Bengkulu dengan metode technical assistance dalam bentuk edukasi berupa penyuluhan dan pendampingan. Hasil pengabdian berupa penerapan beberapa aktivitas menggambar. Pengungkapan makna dari gambar-gambar yang telah dilakukan dilakukan dengan seksama dalam interpretasinya kepada guru wali kelas, sehingga diperoleh suatu gambar yang memiliki makna karakter dan kepribadian anak-anak tersebut.

References

Arif, N. O. (2020). Warna rasa dalam piring sebagai simbol dalam penciptaan karya seni grafis (Doctoral dissertation, Insitut Seni Indonesia (ISI) SURAKARTA).

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Mutmainah, D., & Kamaluddin, K. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa. CIVICUS: Pendidikan-Pengabdian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 45-54.

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2017). Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-16.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service learning: Mengintegrasikan tujuan akademik dan pendidikan karakter peserta didik melalui pengabdian kepada masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.

Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Jakad Media Publishing.

Tantri, N. N. (2021). Memanfaatkan Digitalisasi Pendidikan dalam Pengembangan Potensi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 225-238).

Yasa, I. M. A. (2021). Optimalisasi Pengabdian Masyarakat Pada Sekolah PAUD Binaan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 179-187.

Published
2023-01-31