PERAN MAHASISWA DALAM PENINGKATAN KAPASITAS NUMERASI DAN LITERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 3 DI SD NEGERI 04 TUBAN

  • Mohammad Ali Yafi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Diyah Nur Hidayati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Imam Setyo Nugroho Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Madya Giri Aditama Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
Keywords: Kampus Mengajar, Pendampingan Pengajaran, Adaptasi Teknolog, Administrasi Sekolah

Abstract

Secara kongkrit, program Kampus Mengajar di bawah payung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan kapasitasnya melalui program di luar perkuliahan. Program Kampus Mengajar ini telah berjalan untuk Angkatan ke-3 pada medio Februari – July 2022. Program ini dilakukan di SD Negeri 04 Tuban, Kab. Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Metode pengabdian pada program ini berupa pengajaran langsung, perbantuan adaptasi teknologi, dan pendampingan administrasi sekolah. Mahasiswa mengalami penempaan empati terhadap kehidupan yang nyata, terutama di dunia pendidikan sehingga gap antara kehidupan universitas dan lembaga pendidikan tersebut sedapat mungkin terkikis. Mereka juga dapat berkontribusi aktif dan bekerjasama lintas bidang ilmu sehingga dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam pembangunan nasional.

References

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. (2020). Learning Loss Due to School Closures during the COVID-19 Pandemic. SocArXiv, 1-27.

Yarrow, N., Masood, E., & Afkar, R. (2020). Estimated Impacts of COVID-19 on Learning and Earning in Indonesia. Washington DC: The World Bank.

Dini, I. S. (2022, October 23). The World Bank Blogs. Retrieved from Recovering from the impacts of COVID-19 school closures in Indonesia: https://blogs.worldbank.org/eastasiapacific/recovering-impacts-covid-19-school-closures-indonesia

UNICEF. (22, July 13). UNICEF. Retrieved from As children in Indonesia return to school, UNICEF calls for urgent action to address learning crisis: https://www.unicef.org/indonesia/press-releases/children-indonesia-return-school-unicef-calls-urgent-action-address-learning-crisis

Kemdikbud. (2021, Desember 21). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/dorong-pemulihan-pembelajaran-di-masa-pandemi-kurikulum-nasional-siapkan-tiga-opsi#:~:text=Untuk%20literasi%2C%20(learning%20loss),Januari%202020%20dan%20April%202021

Kemdikbud. (2022, Januari 1). Kampus Mengajar. Retrieved from Pusat Informasi Kampus Mengajar: https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6414652068505-Linimasa-Program-Kampus-Mengajar

Published
2023-01-29