STRATEGI PEMASARAN UMKM DESA PARIGI
Abstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran krusial dalam perekonomian lokal dan nasional. Di Indonesia, dukungan pemerintah terhadap UMKM penting namun tantangan seperti keterbatasan modal, kurangnya pengetahuan dan keterampilan, akses pasar yang terbatas, kendala teknologi, dan persaingan usaha masih signifikan. Penelitian ini fokus pada efektivitas strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan dan pertumbuhan UMKM di Desa Parigi, Kecamatan Saketi, Pandeglang-Banten. Melalui seminar yang diadakan, pelaku UMKM diberikan wawasan mengenai pengembangan UMKM dan teknik pemasaran digital serta konvensional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seminar ini sangat relevan dalam membantu UMKM mengatasi kendala operasional dan memperluas akses pasar. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, pelaku UMKM diharapkan dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan keinginan usaha mereka. Kegiatan ini penting untuk mendukung pengembangan UMKM dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan ekonomi lokal.
Referensi
Anastasia, M. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru', 431.
Dkk, T. K. (2020). Seminar Dan Pelatihan Digitalisasi Sebagai Pendorong Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kelurahan Darmo Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 53.
Melifia liantifa, F. (2020). Karakteristik Wirausaha, Moda Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM. Jurnal Cahaya Mandalika, 740.
Purwanti, E. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti Vol. 5 No 9, 13.
Sholicha, N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kec. Pacet Kab. Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1157.
Triwidatin, Y. (2022). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Jurnal Multidisiplin Madani, 3826.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).