PENGARUH COPING STRESS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FKIP UHAMKA

  • Ulfa Afriyani Asmid Buahati Islamic School Jakarta
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang

Abstract

Mahasiswa memiliki tugas dan tanggung jawab dibidang akademik maupun non akademik. Tugas akademik seorang mahasiswa tidak lepas dari kewajibannya dalam menyelesaikan semua tugas perkuliahan. Pada kenyataannya, tidak semua mahasiswa dapat menyelesaikan tugas perkuliahan secara benar dan tepat waktu. Terdapat beberapa mahasiswa masih terlambat atau menunda-nunda mengumpulkan tugas, salah satunya dalam menyelesaikan tugas skripsi. Penundaan tugas ini disebut dengan prokrastinasi akademik. Mahasiswa yang menyusun skripsi akan mengalami beberapa gejala stres ringan. Dalam kondisi tersebut, setiap mahasiswa harus memiliki strategi dalam mengatasi stresnya. Strategi yang digunakan oleh individu dalam mengatasi stres disebut coping stress. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menemukan pengaruh coping stress terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi tahun ajaran 2020-2021, di kampus FKIP Uhamka. Populasi penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa, dengan 53 mahasiswa terpilih sebagai sampel penelitian. Teknik sampling menggunakan simple random sampling melalui perhitungan sesuai dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Setelah data dianalisis melalui uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh skor t senilai 26,388 dengan sig. sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa H1 di terima. Coping stress memberikan pengaruh sebesar 26,38 % terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan secara negative antara coping stress terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi. Maknanya adalah semakin rendah coping stress yang dimiliki akan semakin tinggi kecenderungan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi untuk melakukan prokrastinasi akademik.

References

Atmoko. 2014. Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terapannya di kelas. Malang: Gunung Samudera.

Basri, H. 2017. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Religiusitas. Journal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol.14, No.2., hlm. 54 – 57.

Damri. 2017. Hubungan Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Jurnal Bimbingan Konseling. Halaman : 74 s.d 95.

Erika, A., Evany., Kangga. 2017. Studi Deskriptif mengenai Coping Stress pada Ibu yang Memiliki Anak dengan Autism Sebuah Penelitian di Sekolah “X” Bandung. Humanitas. Vol. 1 No.1 April 2017.

Ferrari, J., & Tice, D. 2000. Procrastination as a self-handicap for men and women: A task-avoidance strategy in a laboratory setting. Journal of Research in Personality. 34, 73–83.

Ghufron dan Rini, R. 2016. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Hanifah, H. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol.2, No.2., hlm. 123 – 132.

Juli. 2019. Strategi coping stress dalam mengatasi problema psikologis. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam. Vol.2 no. 2 juli – desember 2019.

Kagan, M., Çak, O., Ilhan, T., & Kandemir, M. 2010. The explanation of the academic procrastination behaviour of university students with perfectionism, obsessive – compulsive and five factor personality traits. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2, 2121–2125.

Mancini. 2008. Pocket Mentor Managing Time. Diterjemahkan oleh Sigit Purwanto. Jakarta: Erlangga

Mariyanti, S. 2012. Prokrastinasi (kebiasaan menunda tugas). Jakarta. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul

Namora, L. 2016. Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta : Prenamedia Group.

Nindya, W. 2013. Strategi Coping Menghadapi Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, Indah. 2014. Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Psikologi.

Regar Ursia, dkk. 2013. Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora. Vol.17, No.1.

Rizki. 2014. Fatktor-faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik dalam menyelesaikan Skripsi pada Aktivis Mahasiswa. Batchelor, Thesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Taylor, S. 2006. Health Psychology sixth edition. New York: McGraw-Hill Education.

Wiari, U. 2016. Coping Stres Karyawan Dalam Menghadapi Stres Kerja. Prosiding KS : Riset & PKM. Vol.3 No: 2 hal : 155-291.

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor. 6(1), 18–23.

Published
2022-06-28

Most read articles by the same author(s)