PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ZOOM MEETING DENGAN TEKNIK JOHARI WINDOW TERHADAP PENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA

  • Afny Rumaysya Khulwah Universitas Negeri Semarang
  • Heru Mugiarso Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui zoom meeting dengan teknik johari window terhadap tingkat penerimaan diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling sejumlah 8 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala penerimaan diri sebanyak 4 indikator dan 52 item. Validitas diuji menggunakan rumus product moment dan dengan koefesien reliabilitas 0,312. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan analisis uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon (Z=-2.521, p?0,05) hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui zoom meeting dengan teknik johari window berpengaruh pada peningkatan penerimaan diri siswa.

References

Beebe, Steven A., dkk. (2008). Interpersonal Communication. Relating to Others.USA: Pearson.

Chaplin, (2014). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fajri Ratu Zhafira, Yusmansyah, Shinta Mayasari. (2019). Peningkatan Penerimaan Diri Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 7, No. 1, Februari 2019.

Hurlock, E. (2008). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Izzati, A & Waluya, O, T. (2012). Gambaran Penerimaan Diri Pada Penderita Psoriasis. Jurnal Psikologi. Vol. 10, No. 2, Desember 2012, hal 68-78.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT. Refika Aditama.

Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sari Wahyu Puspita, Tri Umari, Raja Arlizon. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri Siswa Kelas X AK SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru T. A 2015/2016. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 3, No. 2, hal 1-11.

Sitorus Muhammad Walimsyah, Aip Badrujaman, Susi Fitri. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri Siswa SMAN 1 Babelan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 2, No. 1, Januari 2019, hal 18-23.

Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supratiknya, A. (1995). Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta: Kanisius.

Tohirin, (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wartana, Eka. (2012). A New Way Of Thinking Mind Web Konsep Berpiki Tanpa Mikir. Jakarta: Gramedia.

Published
2021-12-28