EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENINGKATKAN EMPATI MAHASISWA

  • Leny Latifah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Imam Ariffudin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Abstract

Empati adalah kemampuan untuk mengidentifikasi hal yang sedang dipikirkan atau dirasakan oleh orang lain dengan tetap bisa mengontrol diri atas situasi yang ada, tidak dibuat-buat, dan tidak terbawa pada situasi yang sedang dirasakan orang lain. Belajar memahami keadaan orang lain bukanlah proses yang mudah, diperlukan berbagai keterampilan mendengarkan yang baik untuk dapat memisahkan pikiran, perasaan, dan perilaku diri dari pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain. Individu saat ini kerap dituntut untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya saja, namun kurang dibimbing dalam mengembangkan kemampuan yang lain salah satunya empati. Melalui pendekatan SFBC mahasiswa dilatih merancang tujuan diantaranya mengeksplorasi solusi, membantu merumuskan tujuan yang direncanakan, dan membantu membuat rencana yang diinginkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pola one group pretest-postest untuk mengetahui tingkat empati mahasiswa sebelum dan sesudah diberi pendekatan SFBC. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FIP Universitas PGRI Kanjuruhan Malang tahun ajaran 2020/2021 dengan responden penelitian 9 mahasiswa yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zhitung sebesar 2,668 dan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,008. Jika probalitas <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya pendekatan solution focused brief counseling (SFBC) efektif untuk meningkatkan empati mahasiswa.

References

Ahyani, L. N., Pramono, R. B., & Astuti, D. (2018). Empati dan efikasi diri guru terkait kegiatan belajar mengajar bebas bullying. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(2), 141–151.

Arofah, L., & Nawantara, R. D. (2018). Pengembangan Panduan Solution Focused Brief Counseling Untuk Guru BK Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Kediri. Jurnal Bikotetik, 2(01), 100–104.

Bennett, C. L., & Rosner, D. K. (2019). The Promise of Empathy: Design, Disability, and Knowing the" Other". Proceedings of the 2019 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–13.

Bloom, P. (2017). Empathy and its discontents. Trends in Cognitive Sciences, 21(1), 24–31.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, Enhanced. Cengage Learning.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Cuff, B. M. P., Brown, S. J., Taylor, L., & Howat, D. J. (2016). Empathy: a review of the concept. Emotion Review, 8(2), 144–153.

De Shazer, S., Dolan, Y., Korman, H., Trepper, T., McCollum, E., & Berg, I. K. (2021). More than miracles: The state of the art of solution-focused brief therapy. Routledge.

Demers, M.-P. P., Saumure, C., Fiset, D., Cormier, S., Kunz, M., & Blais, C. (2019). Variation of empathy in viewers impacts facial features encoded in their mental representation of pain expression. Journal of Vision, 19(10), 156b-156b.

Dewi, N. K., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2021). Improving the Academic Resilience of Students Through the Focus Brief Counseling (SFBC) Solution Approach. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2), 243–254.

Fröschle Hicks, J., Le Clair, B., & Berry, S. (2016). Using solution-focused dramatic empathy training to eliminate cyber-bullying. Journal of Creativity in Mental Health, 11(3–4), 378–390.

Gingerich, W. J., & Peterson, L. T. (2013). Effectiveness of solution-focused brief therapy: A systematic qualitative review of controlled outcome studies. Research on Social Work Practice, 23(3), 266–283.

Goldstein, A. P., & Michaels, G. Y. (2021). Empathy: Development, training, and consequences. Routledge.

Hall, J. A., & Schwartz, R. (2019). Empathy present and future. The Journal of Social Psychology, 159(3), 225–243.

Hendriani, W., & Mulawarman, M. (2020). The Alignment of Solution-Focused Brief Counseling in Helping to Achieve Resilience. Islamic Guidance and Counseling Journal, 3(2), 100–107.

Izzati, F. A. (2021). Pentingnya Sikap Toleransi dan Empati dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik (Good Citizenship) di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 85–90.

Kadafi, A., Wiyono, B. B., Muslihati, M., & Ramli, M. (2021). Improving prosocial behavior through virtual media based on religious values in elementary school students. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(4), 230–236.

Leokuna, I. A., & Tambunan, E. H. (2022). Gambaran Perilaku Altruistik dan Empati Mahasiswa Keperawatan Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. JURNAL KESEHATAN PRIMER, 7(1), 37–46.

Lynch, A., Newlands, F., & Forrester, D. (2019). What does empathy sound like in social work communication? A mixed?methods study of empathy in child protection social work practice. Child & Family Social Work, 24(1), 139–147.

Moudatsou, M., Stavropoulou, A., Philalithis, A., & Koukouli, S. (2020). The role of empathy in health and social care professionals. Healthcare, 8(1), 26.

Muliadi, A., Prayogi, S., Mirawati, B., Azmi, I., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Efek Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran berbasis Model Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 60–67.

Pratiwi, N. A. S., & Utami, R. Y. (2022). Pengaruh Kegiatan Keluarga Binaan Kesehatan (KBK) Terhadap Adap Komunikasi Dan Empati Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Implementa Husada, 2(2), 157–172.

Ramli, M., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2018). Effectiveness of Structured Learning Approach to Improve Counselor Competence in Applying Solutions-Focused Counseling. International Conference on Education and Technology (ICET 2018), 34–37.

Rani, R., Septiani, D., & Syaf, A. (2019). Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 3(1), 49–56.

Riess, H. (2017). The science of empathy. Journal of Patient Experience, 4(2), 74–77.

Solihin, R., Iqbal, M., & Muin, M. T. (2021). Konstruksi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 85–94.

Suranata, K., & Prakoso, B. B. (2020). Program web-based SFBC untuk mereduksi kecemasan akademik siswa saat pandemi COVID-19; sebuah pilot studi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 47–52.

Turnell, A., & Lipchik, E. (1999). The role of empathy in brief therapy: The overlooked but vital context. Australian and New Zealand Journal of Family Therapy, 20(4), 177–182.

Weisz, E., Ong, D. C., Carlson, R. W., & Zaki, J. (2021). Building empathy through motivation-based interventions. Emotion, 21(5), 990.

Published
2022-12-25