MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS LAPANGAN BAGI MAHASISWA

  • M. Fahri Arridho Universitas Negeri Medan
  • Nurkadri Universitas Negeri Medan
  • Mufti Abdillah Universitas Negeri Medan
  • Chrystian Rambe Universitas Negeri Medan
  • Angga Ardiansyah Universitas Negeri Medan
  • Elpindo Supahman Padang Universitas Negeri Medan
Keywords: Model Pembelajaran, Tennis Lapangan, Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model pembelajaran keterampilan groundstroke pada mahasiswa pemain tenis pemula. Populasinya adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Pelatih Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan, angkatan 2001 dan 2002 yang telah menyelesaikan mata kuliah wajib Tenis Lapangan. Sampelnya terdiri dari 22 siswa yang dipilih secara acak dari angkatan 2002 dan 26 siswa yang dipilih secara acak dari angkatan 2001 yang berjumlah 48 siswa. Mahasiswa pada tahun ajaran 2001–2002 mengikuti mata kuliah yang menggunakan model pembelajaran terbuka, sedangkan mahasiswa pada tahun ajaran 2002–2003 mengikuti mata kuliah yang menggunakan model pembelajaran tertutup. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) pemain tenis yang belajar menggunakan model terbuka dan yang belajar menggunakan model tertutup tidak memiliki perbedaan keterampilan groundstroke; dan (2) pemain dengan kemampuan koordinasi tinggi mempunyai kemampuan groundstroke yang lebih unggul dibandingkan pemain dengan kemampuan koordinasi tinggi. kemampuan koordinasi yang rendah, dan (3) pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan groundstroke siswa tidak dipengaruhi oleh kemampuan koordinasi.

References

Agus, Risa, and Teguh Wibowo. 2017. “Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Berganti Dan Backhand Tenis Lapangan Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Tangan.” Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN?: 2442-3874 Vol 3. No.2 Oktober 2017 3(2):11–26.

Naim, M. Khoiril Anwar Fauzin. 2013. “Modifikasi Pembelajaran Dengan Permainan Tonnis Terhadap Hasil Belajar Pukulan Forehand Tenis Lapangan (Studi Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Tenis Lapangan Sman 3 Mojokerto).” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 1(2):424–27.

Siahaan, David. 2017. “Pengaruh Latihan Horizontal Swing Dan Latihan Side Lateral Raise Terhadap Kemampuan Forehand Drive Dalam Permainan Tenis Lapangan.” Jurnal Prestasi 1(2):23–28. doi: 10.24114/jp.v1i2.8060.

Tâm, Trung, Nghiên C. ?. U. Và, Chuy ?. N. Giao, Công Ngh, and ? N B ? I Chu. 2016. “??No Title No Title No Title.” 01:1–23.

Published
2024-01-16
How to Cite
M. Fahri Arridho, Nurkadri, Mufti Abdillah, Chrystian Rambe, Angga Ardiansyah, & Elpindo Supahman Padang. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS LAPANGAN BAGI MAHASISWA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(1), 105-114. https://doi.org/10.36728/jip.v10i1.3101