POLA RELASI MAHASISWA PEREMPUAN DENGAN DOSEN DAN MAHASISWA LAKI-LAKI DALAM DOMINASI MASKULIN

  • M. Fahri Arridho Universitas Negeri Medan
  • Mufti Abdilah Universitas Negeri Medan
  • Chrystian Rambe Universitas Negeri Medan
  • Angga Ardiansyah Universitas Negeri Medan
  • Nurkadri Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini melihat interaksi antara mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan mahasiswa laki-laki. Teori Struktural Anthony Giddens digunakan dalam analisis penelitian ini. Selain itu, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan desain penelitian deskriptif untuk lebih memahami cara mahasiswa perempuan berinteraksi dengan instruktur laki-laki dan sesama mahasiswa. Pengumpulan data berlangsung dengan wawancara mendalam digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tampaknya terdapat pola yang seimbang dalam interaksi antara dosen perempuan dan mahasiswi selama perkuliahan. Meskipun demikian, pola hubungan yang timpang antara mahasiswi dengan dosen pembimbing nampaknya masih terjadi karena mahasiswa merasa terbebani dan terintimidasi selama proses pembimbingan skripsi. Sementara itu, terlihat adanya pola interaksi yang tidak merata antara siswa laki-laki dan perempuan saat belajar di kelas. Dapat dikatakan bahwa interaksi mahasiswa perempuan dengan mahasiswa dan dosen laki-laki dipengaruhi oleh faktor pemungkin dan penghambat.

References

Apriliandra, Sarah, and Hetty Krisnani. 2021. “Perilaku Diskriminatif Pada Perempuan Akibat Kuatnya Budaya Patriarki Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Konflik.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3(1):1. doi: 10.24198/jkrk.v3i1.31968.

Astuti, T. Parulian, S. 2018. “Gender Dan Feminisme Dalam Olahraga.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Olahraga 452.

Berliana, M. Pd. 2020. “Wanita, Olahraga Dan Globalisasi.” Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.

Dewi, Kartika Rahmat Sari, Andayani Andayani, and Nugraheni Eko Wardhani. 2017. “Citra Emansipasi Perempuan Dalam Kisah Mahabarata: Pelurusan Makna Peran Dan Kebebasan Bagi Perempuan Modern.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya 19(2):203–18.

Guru, Tim Abdi. 2007. “Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Jakarta. Erlangga.

Mulyadi, Seto, Wahyu Rahardjo, Anugriaty Indah Asmarany, Kenes Pranandari, and M. N. Widyarini. 2016. “Psikologi Sosial.” Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Mulyono, Anang Tri Prasetyawan. 2020. “Mempelajari Peran Sosial Wanita Dalam Olahraga.” Jurnal Ilmiah ADIRAGA 6(2):25–35.

Nopiyanto, Yahya Eko, and Septian Raibowo. 2019. Filsafat Pendidikan Jasmani & Olahraga. El Markazi.

Nurjan, Syarifan. 2016. “Psikologi Belajar.” CV. Wade Grup.

Prihatiningsih, Titi Savitri. 2021. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kebangsaan Untuk Menghasilkan Dokter Yang Berakuntabilitas Sosial.” Menggali Pondasi Karakter Bangsa Dengan Semangat 50.

Rusmawati, Puput, Jendrius Jendrius, and Maihasni Maihasni. 2023. “Perempuan Dalam Dominasi Maskulin: Studi Pola Relasi Mahasiswa Perempuan Dengan Dosen Dan Mahasiswa Laki-Laki.” Jurnal Sosiologi Andalas 9(1):78–94. doi: 10.25077/jsa.9.1.63-78.2023.

Sugiyono, Dr. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”

Toyibah, Dzuriyatun. 2020. Dari Patriarki Menuju Politik Kesetaraan: Studi Refleksifitas & Partisipasi Politik Mahasiswi. LKiS.

Zani, Yulia, Eri Barlian, and Padli. 2023. “Mempelajari Peran Sosial Wanita Dalam Olahraga Dengan Kontroversi Citra Patriarki Dimasyarakat.” Journal Sport Science Indonesia 2(2):128–38. doi: 10.31258/jassi.2.2.128-138.

Published
2024-07-15
How to Cite
M. Fahri Arridho, Mufti Abdilah, Chrystian Rambe, Angga Ardiansyah, & Nurkadri. (2024). POLA RELASI MAHASISWA PEREMPUAN DENGAN DOSEN DAN MAHASISWA LAKI-LAKI DALAM DOMINASI MASKULIN. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(2), 179-190. https://doi.org/10.36728/jip.v10i2.3468