ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMPN 13 BANJARBARU
Abstrak
Futsal membutuhkan tingkat kebugaran fisik yang signifikan untuk dimainkan pada tingkat optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai derajat kebugaran jasmani di kalangan siswa ekstrakurikuler futsal di SMPN 13 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan orientasi kuantitatif. Populasi untuk penelitian ini terdiri dari seluruh siswa ekstrakurikuler futsal dari SMPN 13 Banjarbaru yang berjumlah 14 siswa. Sampel penelitian untuk penelitian ini meliputi 8 siswa ekstrakurikuler futsal dari SMPN 13 Banjarbaru, dipilih menggunakan prosedur purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia untuk individu berusia 13-16 tahun. Tes ini terdiri dari sprint 50 meter, latihan body lift gantung 60 detik, latihan duduk berbaring 60 detik, melompat tegak, dan lari 1000 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler futsal di SMPN 13 Banjarbaru relatif kurang. Tidak ada siswa dalam kategori sangat baik, terhitung 0% dari total. Demikian pula, tidak ada siswa dalam kategori baik, juga terhitung 0% dari total. Namun, ada 3 siswa dalam kategori sedang, mewakili 37,5% dari total. Selain itu, ada 5 siswa dalam kategori kurang, yang merupakan 62,5% dari total. Terakhir, tidak ada siswa dalam kategori kurang sekali. Para siswa ekstrakurikuler futsal di SMPN 13 Banjarbaru memiliki kondisi fisik yang agak memprihatinkan. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain futsal, sangat penting untuk memberikan pelatihan kebugaran fisik yang lebih ketat.
Referensi
Abduh, I., Agusman, M., & Tadulako, U. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. 5, 75–82.
Abidin, M. F., & Prihanto, J. B. (2016). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 1 Taman Sidoarjo Dengan Sma Khadijah. Pendidikan Jasmani, 4(3), 617–622.
Afif, G. M., Amirudin, A., & Arifin, R. (2024). Tingkat Kelincahan Dan Teknik Dribbling Siswa Di Ekstrakurikuler FutsaL. 11(April), 8–15.
Afifuddin, M., Nur, L., & Sapto, W. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Tim Futsal Putri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Volume 09(Nomor 01 Tahun 2021), 151–159.
Agus, A. (2012). Olahraga Kebugaran Jasmani: Sebagai Suatu Pengantar.
Arif Luqman Hakim, Marianus Subandowo, & Ujang Rohman. (2020). Pengaruh Circuit Training Dan Interval Training Dalam Tes Kebugaran Jasmani Pada Ektrakurikuler Futsal Siswa SMP. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 86–95. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.847
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Ashfahani, Z. (2020). Pengaruh latihan circuit training terhadap daya tahan kardiovaskuler pada tim futsal Universitas PGRI Semarang. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 63–67.
Bahari, F., Hanief, Y. N., & Junaedi, S. (2020). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Ekstrakurikuler. Jendela Olahraga, 5(2), 89–97. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6167
Dwi, A. S. M. (2020). Tes Dan Pengukuran Dalam Olahraga. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Fahriza, S., Mulhim, M., & Indah, E. P. (2023). Profil Tingkat Kondisi Fisik Ekstrakurikuler Futsal Di SMA Negeri 2 Unggulan Tanah Grogot. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.20527/mpj.v4i1.1841
Hartanto, T., Gani, R. A., & Resita, C. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 133–143. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1890
Lavie, C. J., Ozemek, C., Carbone, S., Katzmarzyk, P. T., & Blair, S. N. (2019). Sedentary Behavior, Exercise, and Cardiovascular Health. Circulation Research, 124(5), 799–815. https://doi.org/10.1161/CIRCRESAHA.118.312669
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS:Jurnal Kajian, Penelitian & PengembanganPendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.
Nugroho, R. A., Febrianti, R., & Hakim, A. R. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV, V Dan VI SD Negeri 02 Celep Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 8(2), 72–83.
Nugroho, S. R., Arifin, R., & Hamid, A. (2023). Survei Keberhasilan Passing dan Kontrol pada Atlet Futsal Betang Muara Teweh. 7, 30301–30306.
Prasojo, D. A., Junaidi, S., & Hidayah, T. (2015). Profil Kebugaran Jasmani Pemain Futsal Smk Bagimu Negeriku Semarang Tahun 2014. Journal of Sport Sciences and Fitness, 4(1), 2014–2016.
Rais, M. F., & Syafruddin. (2020). Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 3(6), 7–14.
Ridho, M. R., Anggara, N., Studi, P., Jasmani, P., Mangkurat, U. L., Sipai, S., Selatan, B. K., Jasmani, K., & Voli, B. (2024). Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Peserta Didik Ekstrakurikuler Bola Voli Di Sma Negeri 1 Belawang Analysis Of The Level Of Physical Fitness In Volleyball Extracurricular Students At SMA Negeri 1 Jurnal Ilmiah STOK. 12, 75–85.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 8–17.