ANALISIS TEKNIK PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG : KAJIAN GERAK MELANGKAH

  • Wanda Kusuma Putri Universitas Negeri Semarang
  • Fajar Awang Irawan Universitas Negeri Semarang
Kata Kunci: Analisis Gerak, Gerak Melangkah, Panjang Langkah, Permainan Egrang

Abstrak

Faktor keberhasilan dalam menjaga keseimbangan dalam gerak melangkah egrang dipengaruhi oleh konsistensi panjang langkah baik kanan maupun kiri. Keadaan inkonisisten dalam melangkah menyebabkan keseimbangan sulit dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik permainan tradisional egrang dalam gerak melangkah. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yang merupakan anggota KDOT (Komunitas Dolanan dan Olahraga Tradisional) Universitas Negeri Semarang. Analisis terfokus pada jarak langkah dengan bantuan Software Kinovea versi 0.9.5 dan data dijabarkan secara deskriptif untuk analisis dan rekomendasinya. Indikator keberhasilan dalam konsistensi panjang langkah egrang ditemukan bahwa rata-rata jarak 1 langkah 101.97 ± 18.00 cm; panjang langkah kanan 53.29 ± 9.57 cm; dan panjang langkah kiri 48.44 ± 10.36 cm. Penelitian ini menemukan bahwa strategi panjang langkah pada permainan tradisional egrang dengan jarak lebih pendek dari langkah manusia normal tanpa egrang. Penelitian ini terbatas hanya pada faktor panjang langkah, harapannya penelitian selanjutnya memperhatikan lamanya waktu dalam menjaga keseimbangan saat bermain egrang.

Referensi

Ashari, M. A. (2019). Perbandingan Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Hadang, Terompah Panjang, Egrang terhadap Peningkatan Daya Tahan, Kecepatan, dan Keseimbangan pada Siswa Ekstrakurikuler SD Impres 1 Tenga Kabupaten Bima NTB. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 231–239.

Azahari, A. (2017). Pelestarian Olahraga Tradisional Menyipet Di Kota Palangkara. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Administrasi Negara, 83–101.

Bakhtiar, A. M. (2018). Permainan Tradisional Egrang Untuk Melatih Keterampilan Kinestetik dan Sosial Anak. Jurnal JTIEE, vol.2(no.2), pp.76-84.

Devi, M. S. (2020). Penggunaan permainan tradisional egrang batok kelapa dalam perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dwijayanti, K., Firdaus, M., & Yusuf, M. (2023). Aplikasi Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan …, 9(2), 225–235. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/2538%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/download/2538/2108.

Hakiki, N., & Khotimah, K. (2020). Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31.

Hernawan, H., Sukarya, Y., & Solahuddin, S. (2019). Locomotor basic motion learning model based on traditional game for basic school students. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012047

Irawan, F. A., Setiawati, A. S., Permana, D. F. W., Aditya, L., Rahesti, N., & Ghassani, D. S. (2024). Slingshot Accuracy in Traditional Games: What is The Ideal Grip in Shooting? Precisión del tirachinas en juegos tradicionales: cuál es el agarre ideal al disparar? Retos, 54, 554–560.

Irawan, F., Junaidi, S., Permana, D., Aditya, L., & Prastiwi, T. (2023). Implementasi Permainan Tradisional Plintengan dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.292.

Istiningtyas, B., & Setiawan, A. (2022). Upaya menumbuhkembangkan permainan tradisional bakiak dan egrang. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 8(2), 164–172. https://doi.org/10.30738/wd.v8i2.3695

Mujtahidin, S., & Rachman, S. A. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Terhadap Keseimbangan. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 130–135.

Mukhtar, A., & Rubiono, G. (2022). Analisis Keseimbangan Statis Permainan Egrang Bambu. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 265–270. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.308.

Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–33. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720.

Permana, D. F. W., & Irawan, F. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan terhadap Permainan Tradisional dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, vol.9(Nomer. 2), 50–53.

Pratiwi, A. B., & Fuadah Z, A. (2020). Permainan Tradisional Engrang Dari Provinsi Banten Dan Pembentukan Karakter Menghargai Prestasi Peserta Didik Mi/Sd Di Indonesia. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 13–28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.206.

Rahesti, N., Irawan, F. A., & Long-Ren, C. (2024). Biomechanical Analysis of Slingshot Grip dan Pull in Traditional Game. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 9(1), 18–27. https://doi.org/10.26740/jossae.v9n1.p18-27

Rukiani, Irfandi, & Sarwita, T. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang terhadap Kemampuan Keseimbangan Motoik Kasar pada Siswa SD Negeri Karang Jadi Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2).

Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570.

Santoso, S. (2024). Minat dan Ketertarikan Masyarakat Solo Terhadap Permainan Goara-Goara. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(1), 115–123.

Saputra, A., Sugihartono, T., & Sutisyana, A. (2023). Analisis Keterampilan Latihan Egrang Siswa Putra Dan Putri Berdasarkan Kemampuan Keseimbangan Koordinasi Mata Tangan Dan Koordinasi Mata Kaki Di Man 1 Lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v4i1.24613

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035.

Wibisona, G., Puspita, D., & Rayanti, R. E. (2019). Analisis Gerak Permainan Tradisional Egrang Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, November, 36–41.

Wulandari, R., & Fatmaryanti, S. D. (2024). Exploring Work and Energy Concept with Indonesian Traditional Game “Egrangâ€: An Ethno-pedagogical Approach to Physics Learning. Journal of Science and Science Education, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.29303/jossed.v5i1.7486.

Yiou, E., Hamaoui, A., & Allali, G. (2018). Editorial: The contribution of postural adjustments to body balance and motor performance. Frontiers in Human Neuroscience, 12(December), 1–5. https://doi.org/10.3389/fnhum.2018.00487.

Diterbitkan
2025-07-15
How to Cite
Wanda Kusuma Putri, & Fajar Awang Irawan. (2025). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG : KAJIAN GERAK MELANGKAH. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 11(2), 368-379. https://doi.org/10.36728/jip.v11i2.4444