PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA BIDANG PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN PRESTASI SISWA

  • Ade Pia Nurfajariyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kasih Permatahati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ilham Adjie Dwi Pramanta Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Hasan Nasrullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Wisnu Aziz Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan Jasmani. Perbedaan dalam tingkat prestasi akademik siswa dalam bidang pendidikan jasmani setelah mengalami peningkatan penguasaan Bahasa Indonesia. Hal ini karena bahasa adalah alat komunikasi yang penting dalam pembelajaran, termasuk dalam pelajaran pendidikan jasmani. Dengan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dalam bahasa Indonesia, siswa mungkin dapat memahami instruksi dan konsep dengan lebih baik, mengikuti materi pembelajaran dengan lebih efektif, dan menyampaikan pengetahuan atau keterampilan yang mereka miliki dengan lebih jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan bahasa Indonesia secara signifikan memberikan kontribusi pada peningkatan prestasi siswa dalam bidang pendidikan jasmani. Kemampuan memahami perintah, mengkomunikasikan gagasan, dan mengkomunikasikan pengetahuan atau keterampilan dengan jelas dan efektif merupakan aspek penting yang mempengaruhi peningkatan kinerja akademik.

Kata Kunci: Bahasa, Pendidikan, Prestasi.

Published
2023-12-31
How to Cite
Ade Pia Nurfajariyah, Kasih Permatahati, Ilham Adjie Dwi Pramanta, Muhammad Hasan Nasrullah, Mochamad Wisnu Aziz, & Mochamad Whilky Rizkyanfi. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA BIDANG PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN PRESTASI SISWA. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(1), 30-35. Retrieved from https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3215

Most read articles by the same author(s)