STRATEGI PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MENJALANI KEHIDUPAN

  • Aninda Azzahra Rusyidah Royan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ina Numalasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kasih Permatahati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Desi Triastuti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Burhan Hambali Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan jasmani untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menjalani kehidupan (life skill). Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan membandingkan artikel yang diterbitkan di jurnal Nasional. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber berupa berita online dan artikel pada jurnal online dengan menggunakan Google Scholar. Hasil yang didapat dari dilakukannya penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan jasmani tidak harus terpusat pada guru tetapi pada siswa. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan siswa, isi dan urusan materi serta cara penyampaian harus disesuaikan sehingga menarik dan menyenangkan, sasaran pembelajaran ditujukan bukan hanya mengembangkan keterampilan olahraga, tetapi pada perkembangan pribadi siswa seutuhnya. Strategi pendidikan merupakan aspek penting dari pengajaran, yang mengharuskan guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang efektif.

Kata Kunci: strategi, Pendidikan jasmani, prestasi, siswa

Published
2024-06-03
How to Cite
Aninda Azzahra Rusyidah Royan, Ina Numalasari, Kasih Permatahati, Desi Triastuti, & Burhan Hambali. (2024). STRATEGI PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MENJALANI KEHIDUPAN. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 39-47. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3580

Most read articles by the same author(s)