PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA OBREIN PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SD N 02 MALANGGATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023.

  • Totong Umar Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Ronny Suryo Narbito Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Devina Dwi Anggarita Universitas Tunas Pembangunan Surakarata

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Teknik dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Metode Pembelajaran Teknik dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil Tolak Peluru Gaya Obrein dengan Metode Pembelajaran Teknik dan Bermain sebagai variabel bebas serta hasil Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui Tolak Peluru Gaya obrien menggunakan tes Tolak Peluru Gaya obrien menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Pusat pengembangan kualitas jasmani, departemen pendidikan nasional (1999:16). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran teknik Dan Pembelajaran bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 4.814 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode Pembelajaran teknik lebih baik pengaruhnya dari pada metode pembelajaran bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan persentase peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Pembelajaran Teknik) adalah 14.010% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat Pembelajaran bermain ) adalah 12.139%.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Teknik, Bermain, Tolak Peluru Gaya Obrein

Published
2024-01-03
How to Cite
Totong Umar, Ronny Suryo Narbito, & Devina Dwi Anggarita. (2024). PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA OBREIN PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SD N 02 MALANGGATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(1), 48-59. https://doi.org/10.36728/jis.v24i1.3224

Most read articles by the same author(s)