EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 JENAWI KARANGANYAR
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pelaksanaan layanaan bimbingan kelompok menggunkan teknik asertif untuk meningkatkan Self Efficacy pada siswa kelas VIII SMPN N 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one grup pretest and posttest dengan sampel 30 responden. Berdasarkan tabel output paired sample test di atas diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 karena nilai kurang dari 0,050 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik asertif efektif meningkatkan Self Efficacy pada siswa.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertif, Self Efficacy