EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 JENAWI KARANGANYAR

  • Zahra Maulana Umar Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Suci Prasasti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Erik Teguh Rakoso Prakoso Surakarta
  • Usmani Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pelaksanaan layanaan bimbingan kelompok menggunkan teknik asertif untuk meningkatkan  Self Efficacy pada siswa kelas VIII  SMPN N 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one grup pretest and posttest  dengan sampel 30 responden. Berdasarkan tabel output paired sample test di atas diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 karena nilai kurang dari 0,050 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik asertif efektif  meningkatkan Self Efficacy pada siswa.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertif, Self Efficacy

Published
2024-02-06
How to Cite
Zahra Maulana Umar, Suci Prasasti, Prakoso, E. T. R., & Usmani Haryanti. (2024). EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 JENAWI KARANGANYAR . Jurnal Ilmiah Spirit, 24(1), 76-83. https://doi.org/10.36728/jis.v24i1.3306