PENGARUH LATIHAN PASSING BERPASANGAN DAN PASSING KE DINDING TERHADAP AKURASI PASSING ATAS PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 BELITANG II

  • Sekti Widodo Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
  • Husni Fahritsani Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing berpasangan dan passing ke dinding terhadap akurasi passing atas pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Belitang II. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akurasi passing atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kedua metode latihan terhadap peningkatan akurasi passing atas, dibuktikan melalui uji-t dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan t hitung -12,665 > t tabel 1,699. Uji normalitas dan homogenitas juga menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulannya, kombinasi latihan passing berpasangan dan passing ke dinding efektif dalam meningkatkan teknik dasar passing atas siswa, dan layak diterapkan secara rutin dalam program latihan bola voli di sekolah.

 

Kata Kunci: passing berpasangan, passing ke dinding, akurasi passing atas, bola voli, ekstrakurikuler.

Published
2025-05-27
How to Cite
Widodo, S., Rury Rizhardi, & Husni Fahritsani. (2025). PENGARUH LATIHAN PASSING BERPASANGAN DAN PASSING KE DINDING TERHADAP AKURASI PASSING ATAS PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 BELITANG II. Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 124-131. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.4961