PENILAIAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA FASE B MIN 6 NGAWI DENGAN TES KEBUGARAN PELAJAR NUSANTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa MIN 6 Ngawi usia 10 tahun dengan menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel 54 siswa. Pengukuran kebugaran jasmani meliputi komponen Indeks Massa Tubuh (IMT), V Sit and Reach, Sit Up 60 Detik, Squat Thrust 30 Detik, dan PACER Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada dalam kategori gizi kurang (61,1%) dan sebagian besar siswa memiliki kebugaran jasmani dalam kategori "cukup" dan "kurang". Komponen kelenturan otot (V Sit and Reach) menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan komponen daya tahan kardiorespirasi dan kekuatan otot perut. Berdasarkan skor kebugaran komposit, sebagian besar siswa membutuhkan intervensi untuk meningkatkan kebugaran jasmani mereka. Penelitian ini menyarankan agar program pendidikan jasmani diperkuat dengan pengintegrasian edukasi gizi dan pola hidup sehat guna meningkatkan kualitas kebugaran jasmani siswa.