PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan hasil belajar (PJOK) melalui materi teknik dasar shooting bola basket pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran Problem Teams Games Tournament (TGT) . Penelitian ini adalah studi tindakan kelas. Peserta didik yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas X.1 SMA Negeri 2 Singaraja, sedangkan objek penelitian mencakup materi teknik dasar shooting dalam permainan bola basket dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) . Data dikumpulkan melalui observasi tes mengenai gerakan teknik dasar shooting bola basket yang mencakup aspek kognitif dan psikomotor. Data dianalisis melalui analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar (PJOK) melalui teknik dasar shooting bola basket pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Singaraja Terlihat bahwa pada siklus I dan siklus II, persentase peningkatan hasil belajar untuk aspek pengetahuan dari ketuntasan 13 orang (31%) meningkat menjadi ketuntasan 42 orang (100%), sementara peningkatan hasil belajar pada aspek keterampilan dari ketuntasan 8 orang (19%) meningkat menjadi ketuntasan 42 orang (100% )