PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS IXA SMP NEGERI 14 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

  • I Gusti Ngurah Bagus Putu Adhitya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made satyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK pada materi chest pass dan bounce pass. Subjek penelitian adalah 42 peserta didik kelas IXA SMP Negeri 14 Denpasar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pra siklus menunjukkan tingkat ketuntasan belajar masih rendah, yaitu 28,6% untuk chest pass dan 19,05% untuk bounce pass. Setelah tindakan pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 62% (chest pass) dan 71,4% (bounce pass). Pada siklus II, ketuntasan meningkat signifikan menjadi 95,2% dan 90,5%. Rata-rata nilai juga mengalami peningkatan: dari 81,7 menjadi 87,7 pada chest pass, dan dari 81,2 menjadi 88,5 pada bounce pass. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK secara signifikan. Pendekatan aktif dan reflektif efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar peserta didik.

Published
2025-09-05
How to Cite
Bagus Putu Adhitya, I. G. N., I Made satyawan, & I Gede Suwiwa. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS IXA SMP NEGERI 14 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025 . Jurnal Ilmiah Spirit, 26(1), 23-32. https://doi.org/10.36728/jis.v26i1.5326