IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
Abstract
Jenis penelitian bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki hasil pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru secara profesional yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan dalam 2 siklus, hasil siklus I pada aspek pengetahuan peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 76,2% dan pada aspek keterampilan peserta didik mendapatkan kategori tuntas sebesar 81%. Setalah diberikan siklus II pada aspek pengetahuan peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 95,3% dan pada aspek keterampilan peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebesar 90,7%. Berdasarkan hasil diatas menunjukan bahwa implementasi model pembelajarn Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar terhadap peserta didik kelas VI di SD Negeri 1 Mambal. Disarankan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, terutama pada materi pemecahan masalah dan untuk menunjang semangat serta kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan berpikir kritis tentang materi yang diajarkan.