PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR RENANG GAYA DADA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial sebagai penunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran renang, khususnya teknik dasar gaya dada. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan pengelolaan kelas yang kurang optimal. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek) tahun akademik 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala penilaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan: ahli isi pembelajaran memberikan skor 98,21%, ahli desain 92,5%, ahli media 100%, dan praktisi lapangan 95%. Uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 97,5%, sedangkan uji coba kelompok besar mencapai 96,06%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis video tutorial ini dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran renang guna meningkatkan efektivitas dan kemandirian belajar peserta didik.