PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PASSING BOLA VOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dalam meningkatkan hasil belajar PJOK materi passing bola voli pada peserta didik kelas VII-1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dalam meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi passing bola voli di kelas VII-1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus untuk mengkaji peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model PBL berbasis ICT. Pada siklus I, 78,12% peserta didik mencapai ketuntasan pada aspek pengetahuan dan 84,37% pada aspek keterampilan. Pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 93,75% untuk pengetahuan dan 90,62% untuk keterampilan. Tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai "Kurang" pada siklus II, dengan sebagian besar berada pada kategori "Baik" dan "Sangat Baik". Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis ICT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan, serta mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok, yang meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran berbasis ICT, Hasil belajar PJOK, Passing bola voli