IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN SMP NEGERI 7 SINGARAJA

  • Formendi Oktavnier Saragih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui senam lantai roll depan di SMP Negeri 7 Singaraja dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.C SMP Negeri 7 Singaraja yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 12 putra dan 12 putri. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil siklus I terdapat 6 orang (25%) peserta didik tuntas pada aspek pengetahuan dan 10 orang (42%) peserta didik  tuntas pada aspek keterampilan, selanjutnya pada siklus II terdapat 20 orang (84%)  peserta didik yang tuntas pada aspek pengetahuan, dan 20 orang (84%) peserta didik yang tuntas pada aspek keterampilan. Berdasarkan analisa data dan pembahasan, kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar PJOK materi senam lantai roll depan meningkat melalui implementasi model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas VIII.C  SMP 7 Singaraja.

Published
2025-09-05
How to Cite
Saragih, F. O., Made Agus Wijaya, & Peby Gunarto. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Jurnal Ilmiah Spirit, 26(1), 111-118. https://doi.org/10.36728/jis.v26i1.5569