PEMBERDAYAAN GURU DARI INSTITUSI
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pucangan1 Kartasura dengan tujuan untuk mengetahui upaya institusi atau sekolah dalam memberdayakan guru. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif di dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan secara alamiah (natural setting). Dari hasil penelitian pemberdayaan guru di SD Negeri Pucangan 1 Kartasura dapat menunjukkan bahwa: 1) Guru di SD Negeri Pucangan 1 Kartasura melakukan pemberdayaan diri dengan cara mengikuti pelatihan, seminar, dan beberapa guru di SD Negeri Pucangan 1 Kartasura memberdayakan diri dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; 2) SD Negeri Pucangan 1 Kartasura melengkapi fasilitas yang ada di sekolah sebagai upaya memberdayakan guru; 3) SD Negeri Pucangan 1 Kartasura memberikan kebebasan terhadap guru dalam menggunakan strategi, metode, kretivitas dan inovasi pada proses pembelajaran; 4) SD Negeri Pucangan 1 Kartasura menampung aspirasi yang dikemukakan oleh guru, sehingga guru menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Keterlibatan Institusi atau sekolah dalam pemberdayaan guru sangat penting karena institusi atau sekolah merupakan wadah bagi guru untuk mentransfer ilmu pengetahuan, perkembangan peserta didik dan sekolah menjadi lebih baik. Memberikan ruang pada guru untuk berkembang dan mengekspresikan kemampuannya membuat mutu yang dimiliki seorang guru semakin meningkat.
References
Fitriyah, R. N., Diklat, B., & Semarang, K. (2019). Prosiding SENDI _ U 2019 ISBN : 978- 979-3649-99-3. 1, 978–979.
Mawardi., et al. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 8(1), 26-40. Di akses di https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1412
Monitasari, U. (2018). Pemberdayaan Guru di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali.
Pendidikan, J. A., Universitas, P., & Kuala, S. (2014). Efektivitas Pemberdayaan Guru. 2(1), 97–105.
Suyitno. (2020). Analisis Data dalam Rancangan Penelitian Kualitatif. Akademika, 18(1), 49– 57.
Widodo, W., & Sriyono, H. (2020). Strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Faktor
Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 7–12.