PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD

  • Anita Nugraheni SD N 01 Gedongan Colomadu
  • Daniar Feri Sartika SD Kristen Widya Wacana X Kartasura
  • Susilowati Susilowati SD Kristen Widya Wacana X Kartasura
  • Alisa Sri Winarni SD Kristen Widya Wacana X Kartasura
  • Inggit Sih Utami SD Kristen Widya Wacana X Kartasura

Abstract

Media adalah alat penghubung yang mampu menghubungkan atau mengkomunikasikan. Karenanya, media adalah sesuatu yang penting bagi kelancaran proses pembelajaran. Media juga merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa. Media gambar berperan penting pada kegiatan proses pembelajaran, pesan yang disampaikan melalui media gambar melalui indera penglihatan. Media gambar menjadi sarana pembelajaran untuk penyampaian materi dari guru kepada siswa yang bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi, mengingat-ingat isi materi yang dijelaskan oleh guru, menambah wawasan siswa, membantu minat siswa untuk mengikuti pembelajaran serta memfasilitasi aktivitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini membahas penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD. Subjek penelitian melibatkan 20 siswa, 11 Laki-laki dan 9 Perempuan. Hasil belajar yang diperoleh dari pra siklus, siklus I, dan siklus II adalah terdapat peningkatan. Selama siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 75.25 dan ketuntasan klasikal 75% meningkat dari ketuntasan klasikal pra siklus. Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85.50 dan ketuntasan klasikal yang menunjukkan angka 90%. Dalam hal ini, dapat dikatakan tercapainya tujuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 011 Sungai Salak SD.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fatimah, S., & Suci. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada

Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah

Dasar FKIP Unsyiah. 1(2), 1-10.

Fauzi., R., Dwiastuti., & Harlita, S. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran

/2012. Pendidikan Biologi. 3(3), 79-87.

Gunadi, K. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan

Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII SemesterGanjil SMP Negeri Sukasada Tahun

Ajaran 2011/2012. Fakultas Teknik dan Kejuruan Pendidikan Ganesha, 1(3), 67-79.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartono. (2007). Strategi Pembelajaran. Pekanbaru : LSFK2P

Hendracipta, N., Syachruroji, A., & Hermawilda. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan

Strategi Inkuiri Dengan strategi Ekspositori. JPSD. 3(1), 33-41.

Kasmawati., et al. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA MelaluiPenggunaan

Media Gambar di Kelas IV SD Inpres Banpres Posona. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 1(2).

Ngongo, K. P., & Gafur, A. (2017). Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) denganKeterampilan

Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1). 101-112.

Permatasari, N. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT

Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3(2). 96-104

Prihatiningsih, E., & Eunice, W. S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan

Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD. 4 (1). 1-14.

Purwanto, M. N. (2016). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Pemahaman

Konsep Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD. 3(1). 64-73. ISSN 2540-9093.

Riyono, B., & Retnoningsih, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri

Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education. 4(2).15-26

Rozie, F. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil

Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains. 1(4). 413 – 424.

Rudi., & Cepi, R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : Wacana

Sa’adah, J. (2017). Metode Pembelajaran “Picture and Picture” Dalam Menulis Teks Cerita Fiksi Novel Pada Buku

Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/ MA/SMK/ MAK Kelas X11 Semester 2 Kurikulum

Bahastra, 37(1), 45-48.

Sediasih. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata

Pelajaran PKN dikelas V SDN. Karya Wangi 2. JPSD. 3 (1). 74-81

Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik

dan Tenaga Kependidikan Matematika

Sohibun, F., & Yulina, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google

Drive, Jurnal Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. 02 (2), 121-129

Sulfemi, B. W., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model

Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD. 4(2). 228-242.

Sulfemi, W., & Bagja. (2016). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah

Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten

Bogor. Jurnal Fascho, 5(2), 52-70

Sulistyorini, S. (2017). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta : Tiara

Wacana.

Utami, S, & Yunita. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam

Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Research & Learning In Primary Education, 2(1), 104-

T., & Novita, L., & Permatasari, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 4(1), 1-14.

Yuliana, R., & Cahyani, I., & Sastromiharjo, A. (2015). Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah

Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.

JPSD, 1(2), 98- 108.

Published
2023-01-26