PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD
Abstract
Media adalah alat penghubung yang mampu menghubungkan atau mengkomunikasikan. Karenanya, media adalah sesuatu yang penting bagi kelancaran proses pembelajaran. Media juga merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa. Media gambar berperan penting pada kegiatan proses pembelajaran, pesan yang disampaikan melalui media gambar melalui indera penglihatan. Media gambar menjadi sarana pembelajaran untuk penyampaian materi dari guru kepada siswa yang bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi, mengingat-ingat isi materi yang dijelaskan oleh guru, menambah wawasan siswa, membantu minat siswa untuk mengikuti pembelajaran serta memfasilitasi aktivitas dalam proses pembelajaran. ini membahas penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD. Subjek penelitian melibatkan 20 siswa, 11 Laki-laki dan 9 Perempuan. Hasil belajar yang diperoleh dari pra siklus, siklus I, dan siklus II adalah terdapat peningkatan. Selama siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 75.25 dan ketuntasan klasikal 75% meningkat dari ketuntasan klasikal pra siklus. Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85.50 dan ketuntasan klasikal yang menunjukkan angka 90%. Dalam hal ini, dapat dikatakan tercapainya tujuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 011 Sungai Salak SD.
Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA