MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AKTIVITAS PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VI SD NEGERI

Abstract

Dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas, siswa cenderung lebih aktif karena suasana belajar mengarah kepada siswa menemukan hasil pemahaman melalui suatu interaksi, mudah dalam memahami materi ajar, karena dibantu melalui media belajar yang kongkrit. Setelah dilakukan tindakan-tindakan dalam penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari hasil ketuntasan awal pada pra siklus meningkat pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II. Pada pra siklus yang tuntas belajar hanya sebesar 56,25 % atau 9 siswa, sedangkan siswa yang belum tuntas 44,75 atau 7 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat yaitu sebesar 68,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 siswa. Pada siklus 2 ketuntasan belajar mengalami peningkatan hingga mencapai 87,50% atau 14 siswa sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Creswell, J.W. (2008). Educational research†Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative

research. Third Edition. America: Pearson Education. Inc

Hamdi. (2011). Teori kepribadian. Bandung: Upi SPs Press.

Kusnan, M.R,(2010). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara

Harlen.(2010). Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page Kusnan

Rosyid, M. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara

Slavin, R (2009). Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik. Terjemahan.

Bandung: Nusa Media

Suciati. (2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana. (2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta

Usman. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: Pustaka

Martina. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif.

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 91-99

Wardani I.G.A.K., Kuswaya, W., &Noehi, N. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka

Winaputra, U.S. (2010). Materi dan Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka

Winaputra, U.S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Universitas Terbuka

Published
2023-01-26