MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AKTIVITAS PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VI SD NEGERI
Abstract
Dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas, siswa cenderung lebih aktif karena suasana belajar mengarah kepada siswa menemukan hasil pemahaman melalui suatu interaksi, mudah dalam memahami materi ajar, karena dibantu melalui media belajar yang kongkrit. Setelah dilakukan tindakan-tindakan dalam penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari hasil ketuntasan awal pada pra siklus meningkat pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II. Pada pra siklus yang tuntas belajar hanya sebesar 56,25 % atau 9 siswa, sedangkan siswa yang belum tuntas 44,75 atau 7 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat yaitu sebesar 68,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 siswa. Pada siklus 2 ketuntasan belajar mengalami peningkatan hingga mencapai 87,50% atau 14 siswa sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Creswell, J.W. (2008). Educational research†Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative
research. Third Edition. America: Pearson Education. Inc
Hamdi. (2011). Teori kepribadian. Bandung: Upi SPs Press.
Kusnan, M.R,(2010). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
Harlen.(2010). Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page Kusnan
Rosyid, M. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
Slavin, R (2009). Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik. Terjemahan.
Bandung: Nusa Media
Suciati. (2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudjana. (2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta
Usman. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: Pustaka
Martina. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif.
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 91-99
Wardani I.G.A.K., Kuswaya, W., &Noehi, N. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
Winaputra, U.S. (2010). Materi dan Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka
Winaputra, U.S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Universitas Terbuka