EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA GARIS BILANGAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media alat peraga garis bilangan karakter terhadap motivasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Penelitian ini dirancang agar diperoleh berbagai informasi tingkat motivasi peserta didik saat penelitian berlangsung setelah hasil refleksi menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar matematika peserta didik rendah. Data diperoleh dari seluruh peserta didik kelas II, Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat di SD Negeri Sidorejo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan angket terbimbing terhadap peserta didik, observasi, wawancara terhadap kepala sekolah dan rekan sejawat. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif variabel dengan mengelompokkan ke dalam kriteria interval motivasi dengan skala Likert, analisis perbandingan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan capaian tertinggi siklus 1 terjadi pada kriteria rendah sebesar 59%, sedangkan pada siklus 2 terjadi pada kriteria tinggi sebesar 53%, hasil wawancara terhadap kepala sekolah dan rekan sejawat yang sejalan dengan capaian persentase kriteria pada tiap siklus mengatakan bahwa penggunaan media alat peraga garis bilangan karakter efektif untuk peningkatan motivasi belajar matematika karena antusias belajar peserta didik dapat bangkit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga garis bilangan karakter efektif digunakan untuk peningkatan motivasi belajar matematika, serta memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: motivasi belajar, alat peraga, garis bilangan, matematika