PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi gaya hidup hedonis pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis pre eksperimental Design dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, di mana sampel jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas XI MIPA 2 dan XI IPS 4. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test), diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.195 > 1.8331 dan Sig. (2- tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil tersebut disimpulkan bahwa Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar.
References
Gemilang Ritznor, C. E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di Sman 3 Sidoarjo the Development of Booklet As an Information Service Media To Understand Hedonism Life Style of Eleventh Grade Students in Sman 3 S. Jurnal BK UNESA, 6(3), 3–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/15890
Mukhlisoh, & Aisah, S. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kabupaten Kuningan. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Pui Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Al Ibtida; Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2).
Praja Anita, D. D. D. (2013). Potret Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Lampung). Sociologie,1(3). http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/sociologie/article/view/95
Pratiwi, G. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Al Hikmah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Bimbingan dan Konseling (Vol. 3, Issue 3).
Prayitno, & Amti, E. (2018). Dasar - Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, R. A. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Manajemen untuk mengurangi perilaku hedonisme pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2020-2021. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue 2).
Trimartati, N. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2011 Universitas Ahmad Dahlan. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 20. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i1.4462