PENGUATAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA MASA TRANSISI PAUD SD MELALUI KEGIATAN PRAMUKA

  • Wildani Septi Imani TK Pertiwi 02 Dawung
  • Mia Fitriyani TK Pertiwi 01 Dawung
  • Idah Nurjiyanti TK Pertiwi 02 Plosorejo
  • Giyanti TK Pertiwi 02 Plosorejo
  • Erry Rastuti Nur Rohmawati TK Aisyiyah Pabelan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan karakter kemandirian pada masa transisi PAUD SD melalui kegiatan pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk secara sistematis dan logis menggambarkan penguatan karakter kemandirian melalui kegiatan pramuka pada masa transisi PAUD SD. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, studi dokumen, dan focused group discussion. Kemudian data dianalisis dengan tahapan data reduction, data display, conclusion drawing dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka yang dilaksanakan adalah apel atau upacara pembukaan, baris-berbaris, materi kepramukaan, dan penutup. Metode penyampaian materi kepramukaan yang dilakukan oleh pembina adalah pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu: learning by doing, system kelompok beregu, kegiatan di alam terbuka, dan tanda kecakapan pramuka dan kiasan dasar. Karakter mandiri yang berkembang atau diperkuat melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka antara lain percaya diri, bertanggung jawab, mampu bekerja sendiri dan mampu mengambil keputusan.

References

Fadhillah, M dan Khoirida, Lif, Mualifatu. (2014). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter cetakan kedua. (2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari & Saripudin. (2017). Pendidikan karakter konsep dan aplikasi living values education. Bandung: PT Refika Aditama.

Marzuki & Hapsari, L. (2015). Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 142-156.

Muhammad. (2015). Pembentukan Karakter Anak SD/MI melalui Pendidikan Pramuka. Jurnal Elementary, 1(2), 10-17.

Munif, M. (2012). Peran Pramuka dalam Pendidikan Karakter.

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018.

Prasetya, Y. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(8), 802-813

Sunardi, A.B. (2013). Ragam Latihan Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.

Suid, Syafrina, dan Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Acah, 1(5). Retrived from Jurnal Pesona Dasar, 1(5).

Published
2023-07-21