ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran tematik guru kelas rendah dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Bororejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru kelas rendah sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan data hasil obervasi, dan hasil wawancara didapat hasil analisis terdapat beberapa komponen pembelajaran tematik dan juga ada yang belum sesuai dengan pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah sekolah dasar memiliki banyak potensi dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa.
References
Asrul, Asrul & Tiro, Abdul & Risakotta, Heryani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. 2. 37-42. 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.408.
Divayana, Dewa Gede & Suyasa, P. & Sugihartini, Nyoman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati). 5. 149. 10.23887/janapati.v5i3.9922.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.