UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN BROMANTAKAN 56 SURAKARTA

  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Desi Wulandari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Harbono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Suci Prasasti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui apakah melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media gambar pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas III SDN Bromantakan 56 Surakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bromantakan 56 Surakarta sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pelaksanaan tindakan terdiri dari Siklus I dan Siklus II dengan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Proses pengambilan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil analisa data menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat pada siklus I peningkatan minat belajar pada aktivitas belajar siswa yang presentase awalnya hanya 52,90% dapat meningkat menjadi 78,75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,81% dengan kategori baik. Data tersebut diperkuat dengan hasil perolehan angket minat belajar siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 68,79%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,24% dengan kategori baik. Meningkatnya minat belajar pada siswa berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Presentase siswa yang tuntas pada kondisi awal adalah 53,85%. Pada siklus I naik menjadi 69,24% lalu mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,46% dengan perolehan kategori baik.

 

References

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.

Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(1), 44–62.

Dwi Cahyo, B., Anggreani, D., Ramadhani Juanti, D., Para Dibah, J., Rizky, N., Bella Ulandia, S., & Sapitri, S. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Kreatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 78–83.

Gaffar, R. J., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning ( PjBL ). Journal of Classroom Action Research, 5(3), 193–197.

Hayati, S., Nugraha, R. A., Sulaeman, Y., & Farid, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organ Gerak Hewan Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN Sukamulya Kabupaten Pandeglang. Jurnal Krakatau, 1, 187– 195.

Purnomo, M.S. (2021). Peningkatan Minat Belajar Ipa Materi Struktur Bumi Melalui Media Gambar. Jurnal Education and Development, 9(1), 453–456.

Saefullah Putri, D. D., Hisnan Hajron, K., Imaniar, N., & Sabilla, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA. 3, 438–445. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/436%0Ahttp://portaluniversitasquality.ac.i d:55555/436/4/BAB II.pdf

Published
2025-01-15