KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KOMUNITAS BELAJAR DI SD NEGERI KARTASURA 04

  • Agung Purnomo SD Negeri Kartasura 04, Sukoharjo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun komunitas belajar di SD Negeri Kartasura 04. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk memahami secara mendalam suatu kejadian dengan melakukan interaksi dengan subyek-subyek yang berkaitan dengan kejadian tersebut. Data pada penelitian ini berupa pernyataan, dokumen dan arsip mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun komunitas belajar di SD Negeri Kartasura 04. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Tahapan analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun komunitas belajar diimplementasikan melalui beberapa aspek yaitu menetapkan visi dan misi, fasilitasi pelatihan dan pengembangan professional, mendorong keterlibatan orang tua dan komunitas, membangun budaya sekolah yang positif, pengelolaan administrasi dan supervisi, dan memfasilitasi komunikasi.

References

Changsri, Paitooatkaew Kanawapee, S. P. P. (2022). The Importance of Sharing, Caring and Collaboration in Thai Teacher Competency Development through Online Professional Learning Communities. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 6 (1), 3674–3689. http://journalppw.com.

Habib, F.R & Mustofa,T.A. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Islam di SMP IT Hidayah Klaten. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 35-44. https://jurnaldidaktika.org.

Hastuti, T., Kristiawan, M., & Mulyadi. (2020). The Principal’s Leadership in Improving the Quality of Education. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 22(1), 314-320, http://ijpsat.ijsht-journals.org.

Huriaty, D., Esterani, Z., Sauf, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. International Seminar on Education, Technology, and Art Banjarmasin, Indonesia, Volume 1. https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1858.

Ikegbusi, Njideka Gloria. (2020). Management Competency Needs of Principals for Effective Administration of Secondary Schools in Nigeria. International Journal of Advanced Research, 3(3), 61-67.

Isnaini, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Seorang Supervisor dalam Pengawasan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah. Jurnal Jurusan PBA. 18(2), 215-228, https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah.

Nanti, S., Suryanti, L., Muharnis., & Demina. (2022). Komunikasi Efektif Kepala Sekolah sebagai Upaya untuk Menumbuhkan Motivasi Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2), 14432-14437.

Nourmalistya Sevy Wandani Nunuk Hariyati. (2022). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi- manajemen-pendidikan/article/view/48779/40635.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4716/3989/8999.

Suastini, N.M., & Manuaba, I.B.S. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 169-178. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5il.

Published
2025-01-15