HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN BOROREJO SURAKARTA
Abstract
Motivasi merupakan suatu unsur yang berperan untuk mendorong seseorang untuk melakukan tindakan atau melakukan tindakan mencapai prestasi belajar yang diperoleh. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan nilai hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada peserta didik kelas VI SD Negeri Bororejo Surakarta. Metode penelitian yang digunakan peniliti adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian Ex-Post Facto. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 9 siswa dan siswa perempuan berjumlah 13 siswi. Teknik sampel yang digunakan total sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan Angket, Observasi, Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. Kemudian dalam menganalisa datanya penulis menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment dengan menggunakan Ms. Excel. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa: Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Bororejo Surakarta mempunyai hubungan yang tinggi, hal ini telihat dari data yang menunjukkan ??? 0.681 lebih besar daripada ?????? baik taraf signifikan 5% 0,444, atau dapat diformulasikan sebagai berikut 0.444 < 0,681 terlihat korelasi terbilang masih rendah. Hasil ini menunjukkan dengan adanya motivasi belajar yang baik maka akan membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Bororejo Surakarta.
References
Berlianti, D. F., Solviana, F. C., Isnaini, Z., & Amaliyah, F. (2023). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Kelas 5 Sd N 01 Japan. Proceeding UM Surabaya.
Fitria Berlianti, D., Clara Solviana, F., Shovia, R., Isnaini, Z., & Amaliyah SPd, F. (2023). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Kelas 5 Sd N 01 Japan.
Hamzah, B. U. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pramiswari, F., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugus 01 Kecamatan Praya Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 428–432. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.270
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka pelajar. Utami, M. M., & Desyandri, D. (2023). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil
Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 83-92.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.