PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI MEDIA FLASHCARD KELAS IV SDN 03 WONOREJO, GONDANGREJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa melalui media flashcard pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru selama dua siklus. Pada siklus I mencapai 73,75% dan pada siklus II mencapai 90%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II yaitu 62,50% menjadi 83,75%. Kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa turut menunjukkan adanya peningkatan. Dibuktikan dengan perolehan hasil belajar sebelum adanya tindakan dan setelah mendapatkan tindakan. Pada pra siklus, kemampuan membaca aksara Jawa memperoleh persentase ketuntasan sebesar 23,07% dan kemampuan menulis mencapai 30,76%. Peningkatan terjadi pada siklus I dengan kemampuan membaca memperoleh ketuntasan sebesar 53,84% dan kemampuan menulis sebesar 65,38%. Setelah adanya perbaikan, pada siklus II kemampuan membaca kembali meningkat dengan persentase ketuntasan sebesar 80,76% dan kemampuan menulis sebesar 84,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media flashcard dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa, dan juga hasil belajar siswa kelas IV SD negeri 03 Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.
References
Ats tsauri, M. S. (2021). Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Di Mi Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 24–30. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.765
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Arsyad, A.(2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. 1993, 30–44
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116.
Lestari, N. T., Ngatman, & Suhartono. (2014). Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2(1), 1–7.
Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-13.
Mukhtar, A., & Luqman, M. D. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa di kota makassar. Idaarah, 4(1), 1-15.
Pujoandika, R., & Sobandi, A. (2021). Dampak kinerja guru dan motivasi belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(1), 47-56.
Putri, A. K. (2016, August). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas V SDN 2 Lundong Tahun Ajaran 2015/2016. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.
Setyawan, I. (2019). Sikap Generasi “Z†terhadap bahasa Jawa: Studi kasus pada anak-anak usia Sekolah Dasar di kota Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 7(2), 30-36.
Sutama. (2011). Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama.
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatankuâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.
Widoyoko, E. P. (2009). Analisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal
Pendidikan Umpwr, 1-16