STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI KELAS III SD NEGERI BOROREJO SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SD Negeri Bororejo Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru kelas III dan peserta didik kelas III, sebagai partisipan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca di SDN Negeri Bororejo ini masih rendah, yang mana disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Adapun strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik yaitu dengan 1) melakukan literasi membaca sebelum pembelajaran dimulai; 2) menyediakan pojok baca; 3) jam tambahan; 4) memberikan kegiatan yang menarik; 5) melakukan kegiatan membaca secara berkelompok.
References
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
Luchiyanti, A., & Rezania, V. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 84–92. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4211
Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah, 3(1), 114–131.
Oktariani, & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.45
Pribadi, R. A., Fadilah, N. R., Aprilia, L., & Nuraini, F. (2022). Peran Perpustakaan SDN Cukanggalih 2 Sebagai Penunjang Perkembangan Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1079–1092.
Rahmawati, Y., & Nurhayati, I. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV di MI Nu Jatirejoyoso. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 250–257. https://doi.org/10.33379/ebtida.v3i1.2811
Rahmi, A. A., & Dafit, F. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200