PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 SRAGEN

  • Khofifah Hilda Purbasari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Margaretha Rismarini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini game online mengalami perkembangan yang begitu pesat apalagi di kalangan anak sekolah. Hal tersebut dapat mempengaruhi minat belajar siswa berkurang karena sering bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran seberapa besar pengaruh bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 15 Sragen yang berjumlah 85 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan untuk pengumpulan datanya peneliti menggunakan model angket skala likert. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh signifikan antara bermain game online terhadap minat belajar siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung  > ttabel  (4.144 > 1.988) maka Maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Presentase sumbangan pengaruh bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas tinggi yaitu sebesar 17,1%. Hak ini menunjukkan bahwa 17,1% minat belajar siswa kelas tinggi dipengaruhi oleh bermain game online, sedangkan 82,9 dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

References

Adams, E. & Rolling, A (2010). Fundamentals og Game Online Design(2nd es) B,CA. Barkeley CA – New Riders.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

S Margaretha. (2008). Dampak Buruk Kecanduan Bermain Game online. Jakarta: Bahana,

Slameto ( 2010 ) Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,â€.Bandung: Alfabeta, 2015

Yusup, Iwan Ridwan, et al. (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 36-39.

Published
2024-01-17