IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 01 PAPAHAN KARANGANYAR TAHUN 2025

  • Rahmad Agung Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Aan Budi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rika Yuni Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Pendekatan pengajaran yang berpusat pada siswa yang disebut pembelajaran inkuiri melihat isu-isu dan mengumpulkan data. Basis pembelajaran mempergunakan inkuiri untuk memastikan memengaruhi hasil belajar matematika di SDN 01 Papahan Karanganyar. Metodologi penelitian menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimental, yang mencakup unit eksperimen, perlakuan, dan pengukuran efek  bertujuan menentukan perubahan diakibatkan tindakan eksperimen. Dengan menggunakan pendekatan sensus sampling, sampel diambil dari dua kelas, kelas VIA (kontrol) dan kelas VIB (eksperimen) yang masing-masing berjumlah 27 siswa sehingga jumlah keseluruhannya 54 individu. Pembuktian mempergunakan alat analisis uji t. Temuan pengujian diperoleh mean nilai matematika dengan pendekatan inkuiri di Kelas VIB yakni 88,7037, sedangkan rata-rata nilai yang didapat Kelas VIA mempergunakan strategi tradisional yakni 63,1481, sedangkan pengujian t ditemukan indikasi terdapat perbedaan hasil dari belajar matematika mempergunakan strategi Inkuiri dan strategi Konvensional pada siswa Kelas VI SDN 01 Papahan dengan nilai sig. sebesar 10,931>2,007 atau nilai sig. sebesar .0,000<0,05.

References

Acar, Oguz A., & Tuncdogan, Aybars. (2019). Using the inquiry-based learning approach to enhance student innovativeness: a conceptual model. Teaching in Higher Education, 24(7), 895–909. https://doi.org/10.1080/13562517.2018.1516636
Bria, Maria Demetriana, Popiyanto, Yudha, & Larasati, Diyas Age. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 40. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i2.964
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fazri, Akmal Satya, & Nuria, Dinda. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6867–6874.
Firmadani, Fifit. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hendrawati, Ririn, Koeswanti, Henny Dewi, & Radia, Elvira Hosein. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas 5 SDN Cebongan 01 Salatiga Semester II Tahun 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Henthis, Nelfa. (2022). Pengaruh Pendekatan Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1991–2000. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2042
Imamah, Yuli Habibatul. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 1–7.
Khoerunnisa, Putri, & Aqwal, Syifa Masyhuril. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lamatenggo, nina. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Pardigma Penelitian, 85–94.
Lase, Asali, & Ndruru, Fasri Inhaler. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.6
Nieswandt, Martina, McEneaney, Elizabeth H., & Affolter, Renee. (2020). A framework for exploring small group learning in high school science classrooms: The triple problem solving space. In Instructional Science (Vol. 48). https://doi.org/10.1007/s11251-020-09510-9
Nurhayati, Syarifah, Noviana, Eddy, & Kurniaman, Otang. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 006 Redang Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–13.
Rahmadana, Dinar, & Wagino. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tunarungu di SDLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1), 1–8.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT, Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, I.Gede. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Action Research, 4(4), 514. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28651
Walan, Susanne, Mc Ewen, Birgitta, & Gericke, Niklas. (2016). Enhancing primary science: an exploration of teachers’ own ideas of solutions to challenges in inquiry- and context-based teaching. Education 3-13, 44(1), 81–92. https://doi.org/10.1080/03004279.2015.1092456
Wibowo, Linda Ari, & Pardede, Lamtioma Rinca. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 201–208.
Yani, F., Witarsa, R., & Masrul. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 705–710.
Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Sulawesi Selatan: Kampus IAIN Palopo.
Published
2025-07-15