PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD N SAYANGAN No.244 SURAKARTA
Abstract
Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan suatu hal penting bagi anak-anak dan harus menjadi salah satu perhatian yang utama. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menanamkan sikap disiplin pada peserta didik dan mendeskripsikan cara menanamkan kedisiplinan pada peserta didik di kelas IV SD N Sayangan No.244. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Guru kelas dan peserta didik kelas IV dijadikan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan guru dan siswa serta dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hambatan dalam penanaman karakter kedisiplinan terdapat pada diri peserta didik itu sendiri yang kurang disiplin waktu dan dari orang tua atau keluarga yang kurang memperhatikan anaknya. Pembentukan pendidikan karakter disiplin peserta dilaksanakan dengan menerapkan sistem teguran dan menasehati, pembinaan, dan memasukkan nilai-nilai disiplin dalam pembelajaran.
References
Ibrahim, Nabila, T., Rahmaliya, N., & Setianingsih, K. (2023). Pelaksanaan Pembinaan Disiplin Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. 2(3).
Miswardi, Nasfi, & Antoni. (2021). Etika, Moralitas Dan Penegak Hukum. Menara Ilmu, 15(2), 26.
Mustoip, S., Japar, M., & Ms, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: CV.Jakad Publishing.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). Jakarta: CV. Harfa Creative.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1). LPPM Universitas Bantara. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Putra, P. (2019). Implementasi Sikap Disiplin Anak Di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Membentuk Pengembangan Moral. Primary?: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 35. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1293
Rahmi, S. E., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru Dalam Mendisiplinkan Belajar Siswa Kelas Va Di Sd Negeri 21 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/