PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR AL-USWAH DELANGGU

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Frisna Lukitiawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

                     Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran penjumlahan bilangan bulat pada mata pelajaran Matematika Kelas 4 SD Al-Uswah Delanggu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian adalah 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan yang terdaftar di kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Al-Uswah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen analisis: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau tinjauan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kinerja peneliti dalam proses pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase rata-rata kinerja guru pada pra siklus yang mencapai 55%. Pada siklus I, dengan menggunakan model pembelajaran langsung, kinerja peneliti meningkat menjadi 70%, dan pada siklus II, angkanya meningkat lagi menjadi 87,5% Demikian pula, aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada pra siklus, aktivitas belajar siswa tercatat sebesar 36,33%. Namun, setelah penerapan model pembelajaran langsung pada siklus I, aktivitas tersebut meningkat menjadi 55,98%, dan pada siklus II, meningkat lagi menjadi 76,69%. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini berdampak positif pada hasil belajar mereka. Rata-rata nilai kelas pada pra siklus tercatat 47,84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 17,85%. Pada siklus I, rata-rata nilai ini meningkat menjadi 66,89 dengan ketuntasan klasikal 60,71%. Peningkatan tersebut berlanjut pada siklus II, di mana rata-rata nilai kelas mencapai 84,82 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Dengan demikian, hasil belajar siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SD Al-Uswah, yaitu 70. Penggunaan model pembelajaran langsung tepat diterapkan dalam pembelajaran matematika khususnya materi penjumlahan bilangan bulat yang berdampak pada peningkatan kinerja peneliti, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Al-Uswah.

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Adjie, Nahrowi dan Maulana. (2009). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KencanaPrenada Media Group
Ahmad Rijali. (2018). Analisis data kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin
Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Devi, Novi Pramita. (2011). Pengaruh Children Learning In Science Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Blotongan 01 Salatiga.
Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 26(1), 41– 62.
Herman, Tatang. (2010). Matematika Dan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Melalui Lesson Study.
Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Juliandri. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Langsung. Matematics Pedagogic. 1 (1)., 83-90.
Joyce, B. Weil, M. & Calhoun, E. (2009). Model Of Teaching: Model-Model Pengajaran
Kasmawati. (2012). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 19 Kubu. Jurnal Universitas Tanjungpura, 1–9.
Lisnawati. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 178-183
Nasaruddin. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pemdbelajaran Matematika Di Sekolah. Al-hawarizmi, 2.
Ngalimun. (2014). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Normalita Sari, Muhammad Zikra, Suntoyo. (2014). Analisa Variasi Musiman Tinggi Gelombang
Laut Secara Global Selama Periode 1984-2003, Proceeding Seminar Nasional Pascasarjana XIV- ITS. Surabaya Indonesia.
Nur, M dan Kardi, S. (2000). Pengajaran Langsung. Pusdat Sains dan Matematika Sekolah
Program Pasca Sarjana. Surabaya : Universitas Negri Surabaya
Prabawanto, Sufyani dan Rahayu, Puji. (2006). Bilangan. Bandung: UPI PRESS.
Prasela, N., Witarsa, R., & Ahmadi, D. (2020). Kajian Literatur Tentang Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 209–216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1218
Pusfandari, A. D. A., & Budiyono. (2014). Penerapan Model pembelajaran langsung untuk meningkatkahasil belaja matematika siswa kelas III SDN / 398 Suarabaya. Jurnal Pendidikan Guru dasar, 2 (2)
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika. In Mathema Journal 1, (1)
Rosmi, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Jambu.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sofyan, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.168
Soejadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Sutikno, sobry M. (2014). Pemimpin Dan Gaya Kepemimpinan, Edisi Pertama. Lombok:
Holistik.
Joyce, B. Weil, M. & Calhoun, E. (2009). Model Of Teaching: Model-Model Pengajaran
Lisnawati. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan” 178-183
Nasaruddin. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pemdbelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khawarizmi, 2.
Published
2024-01-25