PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI SAYANGAN NO 244 LAWEYAN SURAKARTA

  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Hikmah Putra Yanur Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Minat belajar adalah dorongan dalam diri seseorang yang menimbulkan rasa suka, perhatian, dan keterlibatan terhadap aktivitas belajar, sehingga mendorong individu untuk secara sukarela dan aktif mengikuti proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui 1) untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD negeri Sayangan No 244 Surakarta 2) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat minat belajar siswa kelas III SD Negeri Sayangan No 244 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dua responden, yaitu: wali kelas III, dan  siswa kelas III. Tenik pengumpulan data menggunakan Teknik sampling (cuplikan), instrument pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dapat dilakukan dengan cara menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan menambahkan permainan dalam pembelajaran, permainan ini dapat berupa kuis atau tanya jawab, tebak gambar, dan guru juga menggunakan strategi yang efektif sesuai dengan kebutuhan siswa, berupa metode pebeajaran yang variatif. (2) Adanya faktor-faktor penghambat minat belajar siswa dapat meliputi minat belajar siswa yang masih, kondisi psikologis siswa seperti rasa malu atau tidak percaya diri, dan lingkungan keluarga yang dikarenakan kurangnya dukungan dari orang tua.

References

Afriansyah, M. F. (2021). Tingkat kepuasan members fitness terhadap pelayanan di tempat kebugaran balai kesehatan olahraga dan pusat informasi pencegahan penyakit metabolik (bkor-pippm) kabupaten lumajang. Jurnal kesehatan olahraga, 6(2), 370–377.
Agustin, M. A. (2020). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar baca alqur’an anak di masjid. 8.
Audria, N. (2020). Strategi guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemicovid-19 di sekolah dasar. in jurnal pendidikan guru sekolah dasar (vol. 21, issue 1). http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Bribin, M., Ruteng, K., Manggarai, K., Bulan, D., Ruteng, K., Ruteng, K., Upacara, M., & Nama, P. (2023). Volume 21 no. 1 edisi april 2023. 21(1), 41–47.
Fitriana, R. (2014). No Title. Procedia manufacturing, 1(22 jan), 1–17. Ghita, M. (2019). 3. Hubungan pengetahuan ibu hamil dan tingkat ekonomi tentang kejadian stunting, 3(2), 14–15.
Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an pada siswa di kelas iv sd kaifa bogor. prosiding al hidayah pendidikan agama islam, 1, 1–10.
Koroh, T. R., Lehan, A. A. D., & Moykari, F. M. (2023). Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di sd inpres nunbaun delha kota kupang. Journal of character and elementary education,
1(2), 40–45. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i2.11865
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas viii menggunakan soal pemecahan masalah. jurnal riset pendidikan dan inovasi pembelajaran matematika (jrpipm), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Malvin Dukalang, & Sudirman. (2024). Minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan ekonomi dan bisnis, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.4
Mince, yare. (2021). Peran ganda perempuan pedagang dalam meningkatkan kesejateraan keluarga di kelurahan karang mulia distrik samofa kabupaten biak numfor. 3(2), 17–28.
Nasution, S. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri 147 palembang. darul ilmi: jurnal ilmu kependidikan dan keislaman, 7(2), 215–
226. https://doi.org/10.24952/di.v7i2.2241
Nenggala, A. D. (2018). Meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ips dengan menggunakan model kooperatif tipe nht (numbered head together) pada siswa kelas iii sd negeri 111/1 muara bulian. 6.
Purba, F. N. ., Indrayana, B., & Suhartini, S. (2023). Peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam meningkatkan minat belajar siswa di smp nasional sariputra kota jambi. jurnal score, 3(1), 8–20.
Romadhoni, A., & Jambi, F. U. (2018). Kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan media pembelajaran di kelas vb sdn no 55 / 1 sridadi media pembelajaran di kelas vb. skripsi, 55, 1–16. https://repository.unja.ac.id/4486/1/artikel ilmiah.pdf
Sobari, A., Bastian, O., Listiana, L., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas iii sd negeri 182/i hutan lindung muara bulian. as-sabiqun, 4(2), 360–374. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1758
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika keaktifan siswa dan fasilitas belajar disekolah dengan prestasi belajar. prosiding seminar nasional etnomatnesia, 873–881.
Published
2024-01-25