PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS V PADA SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SDN 01 KEMIRI

  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Zul Alfianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa yang meliputi sikap, keterampilan, dan hasil belajar pada sub tema manusia dan lingkungan siswa kelas V SD Negeri 01 Kemiri tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri 01 Kemiri yang terdiri dari 11 siswa lakilaki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknis analasis model deskriptif interaktif yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan nilai rata-rata kinerja guru sebesar 50% pada pra siklus meningkat menjadi 63,88% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83,33% pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi sikap siswa sebesar 1,91 pada pra siklus meningkat menjadi 2,32 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 2,81 pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan siswa sebesar 1,85 pada pra siklus meningkat menjadi 2,28 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 2,71 pada siklus II. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, nilai rata-rata kinerja guru sebesar 55,5% pada pra siklus meningkat menjadi 69,44% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 91,66% pada siklus II. Nilai rata kompetensi sikap siswa sebesar 1,97 pada pra siklus meningkat menjadi 2,42 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 3,02 pada siklus II. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan siswa sebesar 1,95 pada pra siklus meningkat menjadi 2,43 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 2,97 pada siklus II. Meningkatnya kompetensi sikap dan keterampilan siswa maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada pra siklus nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 59,5 meningkat menjadi 70,5 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam nilai rata-rata siswa sebesar 51,5 pada pra siklus meningkat menjadi 72 pada siklus I, dan meningkat menjadi 88 pada siklus II. Berdasarkan hasil nilai kinerja guru, dan kompetensi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas V SD Negeri 01 Kemiri pada sub tema manusia dan lingkungan. 

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara
Fauziah, L., & Arifin, Z. (2017). Penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–120.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Hidayat, A. (2018). Pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(1), 45–53.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sulastri, E. (2019). Pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan kompetensi siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar, 4(3), 201–210.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Published
2024-01-25