UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 TASIKMADU PADA SEMESER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

  • Surono Surono

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan desain Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Taggart (1988). Sumber data diperoleh dari informan, sumber peristiwa dan dokumen. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif. Prosedur penelitian meliputi persiapan, deskripsi awal, perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan analisis komparatif.

Hasil pengamatan menunjukan bahwa pembelajaran pada awalnya berorientasi pada teacher centered meningkat ke arah orientasi student active learning. Hal ini berarti suatu pembelajaran yang semula didominasi oleh guru, peserta didik hanya mendengar, mencatat, menghafal konsep-konsep berkembang ke arah pembelajaran active, kreatif, partisipatif didominasi oleh peserta didik. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar  dan tes  prestasi belajar sebelum tindakan sampai siklus I dapat disimpulkan (a) Motivasi belajar yaitu 1) Skor terendah meningkat sebesar 72 persen dari 74 menjadi 127; 2)Skor  tertinggi meningkat sebesar 58 persen dari 118 menjadi 187; 3) Skor rata-rata meningkat sebesar 62 persen dari 95,38 menjadi 154,75; 4) Skor motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu motivasi belajar rendah menjadi 0, motivasi belajar sedang menjadi 31 siswa dan motivasi belajar tinggi menjadi 9 siswa. (b) prestasi beajar IPA Biologi Nilai terendah meningkat sebesar 9 persen dari 52.5 menjadi 57.5; 2) Nilai  tertinggi meningkat sebesar 6 persen dari 77.5 menjadi 82.5; 3) Nilai rata-rata meningkat sebesar 9 persen dari 65 menjadi 71.18; 4) Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu (a) motivasi belajar : 1) Skor terendah meningkat sebesar 35 persen dari 127 menjadi 172; 2) Skor  tertinggi meningkat sebesar 27 persen dari 187 menjadi 238; 3) Skor rata-rata meningkat sebesar 31 persen dari 154,75 menjadi 202,90; 4) Skor motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu motivasi belajar rendah menjadi 0 siswa, motivasi belajar sedang menjadi 0 siswa dan motivasi belajar tinggi menjadi 40 siswa.  (b) Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu 1) Nilai terendah meningkat sebesar 30 persen dari 57.5 menjadi 75; 2) Nilai  tertinggi meningkat sebesar 15 persen dari 82.5 menjadi 95; 3) Nilai rata-rata meningkat sebesar  14 persen dari 71.18 menjadi 81.94; 4) Nilai prestasi  belajar siswa mengalami peningkatan yaitu prestasi  belajar yang tuntas (di atas KKM) dari 13 siswa menjadi 40 siswa dan prestasi belajar yang belum tuntas (di bawah KKM) menurun dari 27 siswa menjadi 0 siswa.

 

Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Siswa dan Belajar Kelompok Terbimbing

Published
2018-07-30