RE-BRANDING PRODUK UMKM MIE UWEL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA PANGLUNGAN

  • Angelina Rahmawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sulastri Irbayuni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: rebranding, logo produk, penjualan, Mie Uwel Bu Umi, UMKM

Abstract

Perkembangan industri di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya, berdampak secara pesat pada perubahan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam persaingan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga UMKM harus memiliki kemampuan untuk mengenali peluang bisnis dan memanfaatkan perkembangan usaha dengan mengubah desain logo mereka (re-branding). Re-branding merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai solusi dari beberapa permasalahan yang sedang dihadapi oleh UMKM seperti kurangnya strategi pemasaran yang digunakan serta desain yang kurang menarik. Kegiatan pengabdian Masyarakat KKN-T MBKM ini diawali dengan dilakukannya observasi pada UMKM Mie Uwel Milik Bu Umi dan menemukan kendala yaitu produk belum memiliki logo yang menarik. Melihat permasalahan yang ada KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur yang mengusung skema SDGs berupaya untuk memberikan beberapa perbaikan kepada pelaku UMKM dengan memilih program kerja Re-branding logo produk UMKM yang berada di Desa Panglungan yaitu Mie Uwel milik Bu Umi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta agar produk dapat memiliki brand yang kuat sehingga dapat dikenal secara luas.

Published
2024-09-05