Sosialisasi Dan Pendampingan Penguatan Literasi Dan Numerasi Di Satuan Pendidikan Berbasis Raport Pendidikan
Abstract
Penguatan literasi dan numerasi telah menjadi fokus utama dalam dunia pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil akademis siswa. Hasil survey PISA menunjukan budaya literasi pada siswa di Indonesia tergolong pada kategori rendah. Hasil pengamatan dan wawancara di SD Muhammadiyah 13 Surakarta ditemukan kebutuhan para guru untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara khusus mengenai kompetensi literasi dan numerasi. Sehingga diperlukan adanya pemberdayaan literasi dan numerasi di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan dan penguatan kepada guru tentang pentingnya literasi dan numerasi serta bagaimana memanfaatkan data raport pendidikan untuk merancang strategi pembelajaran yang efektif. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta sosialisasi dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik, aktif dan sesuai harapan. Program sosialisasi dan pendampingan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.